Dahsyat! 13 Kemuliaan Ketika Menghadiri Pengajian atau Majelis Ilmu

Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami ingin menjelaskan mengenai keutamaan ketika kita duduk bersama orang-orang alim (ahli agama) atau satu majelis ilmu (pengajian) dengan para ulama. Mungkin terlihat remeh, tetapi perlu anda ketahui bahwa duduk dengan orang-orang soleh ternyata juga dapat memberikan kemuliaan. Kemuliaan apa saja itu? Berikut penjelasannya.

http://www.abusyuja.com/2020/06/13-kemuliaan-pengajian-majelis-ilmu.html

1. Mendapatkan keutamaan layaknya orang-orang yang belajar

Barangsiapa yang duduk bersama-sama dengan orang alim akan tetapi dia tidak bisa menghafal ilmu daripadanya, maka ia akan tetap mendapatkan keutamaan layaknya orang-orang yang sedang belajar. Misal, dalam sebuah majelis, kita hanya duduk diam sembari mendengarkan apa yang disampaikan para ulama. Meskipun hanya mendengarkan apa yang dia ucapkan, ternyata kita juga mendapatkan pahala atau keutamaan layaknya orang yang sedang belajar.

2. Terhindar dari dosa dan perbuatan salah

Saat kita duduk bersama orang-orang alim (baik), Allah akan menjaga kita dari perbuatan dosa dan pikiran-pikiran negatif. Jadi  tidak mungkin kita menemukan maksiat di dalam majelis ilmu. Toh kalau ada, mungkin itu cuma majelis abal-abal atau majelis agama yang ditunggangi politik.

3. Saat keluar rumah, Allah akan menurunkan rahmat kepada kita

Saat kita hendak pergi menuju rumah ustadz atau menuju ke pengajian agama, Allah Ta'ala akan menurunkan rahmat bagi mereka yang ikhlas hatinya meniatkan diri untuk pergi demi belajar agama.

4. Selama duduk bersama orang alim, Allah akan mengganjar berkah

Sewaktu kita duduk bersama orang-orang alim, Allah Swt. akan menurunkan rahmat dan berkah. Berkah adalah sebuah karunia Tuhan yang membawa kebaikan dalam hidup kita. Sifat berkah adalah "bertambah". Jadi kebaikan akan selalu bertambah apabila kita senang berkumpul dengan orang-orang alim.

5. Apa yang kita dengar, Malaikat akan mencatatnya sebagai kebaikan

Barangsiapa yang mau mendengarkan ceramah-ceramah orang alim, soleh dan lain sebagainya, niscaya Allah Swt. akan mencatatnya sebagai kebaikan. Tetapi yang jadi masalah adalah siapa yang kita dengar? Tidak semua ustadz itu benar. Maka, kita dituntut untuk berhati-hati dalam memilih ustadz/ulama. Pilihlah yang beraliran Nahdiyin atau Ahlussunnah Wal Jamaah.

6. Malaikat akan membentangkan sayapnya

Setiap ada majelis ilmu, para malaikat akan membentangkan sayapnya karena ridha, ia berada di tengah-tengah majelis ilmu sembari berdoa atas kebaikan umat manusia yang ikut dalam majelis tersebut.

7. Setiap langkahnya akan dihitung kebaikan 

Setiap langkah yang kita lakukan akan menaikkan satu derajat , menghilangkan satu dosa dan menambah kebaikan baginya.

Itulah tujuh kemuliaan yang bisa didapat apabila kita menghadiri majelis agama/ilmu. Meskipun kita tidak paham sekali pun apa yang dikaji, kita tetap saja akan mendapatkan kemuliaan tersebut.

Disamping apa yang telah disebutkan di atas, Allah ta'ala juga akan memuliakannya dengan 6 macam kemuliaan:
  • Allah memuliakannya karena senang mendatangi Majelis Ulama.
  • Ia akan mendapatkan pahala bila perbuatannya itu ditiru oleh orang lain sebanyak orang menirunya tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.
  • Bila salah seorang diantara ulama itu diampuni dosanya, maka ia bisa memberikan syafaat kepadanya (orang yang mendatangi majelisnya).
  • Dingin hatinya (tidak berniat) untuk bergaul dengan orang-orang fasik.
  • Masuk dalam golongan orang-orang terpelajar dan orang-orang yang soleh.
  • Menegakkan perintah Allah Swt.
Itulah beberapa kemuliaan yang bisa anda dapat ketika menghadiri pengajian atau majelis ilmu. Sebenarnya masih ada banyak lagi keutamaan yang bisa kita dapat, tetapi akan sangat panjang apabila kami sertakan pula dalam artikel ini. Mungkin pembahasan di atas cukup untuk mewakilinya. Materi ini kami ambil dalam kitab Tanbihul Ghafilin karya Abu Laith As Samaraqandi. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel