Inilah 15 Siksaan Bagi Orang yang Melalaikan Shalat

Abusyuja.com_Saudaraku sekalian yang dimuliakan oleh Allah, meskipun sudah sangat jelas seorang mukmin diwajibkan mendirikan shalat, namun masih banyak dari mereka yang lalai. Lalai disini dalam pengertian tidak mendirikan shalat.

Mulai dari yang mengerjakan shalat kadang kala (bolong-bolong), hanya mengerjakan tiga waktu saja, hingga yang tidak mengerjakan shalat sama sekali. Padahal, mereka tahu bahwa hukum shalat itu wajib, namun mereka masih malas melaksanakannya.

http://www.abusyuja.com/2020/06/15-siksaan-orang-melalaikan-shalat.html

Nah, apa yang akan diperoleh oleh orang-orang yang lalai dalam shalatnya? Tentu saja yang paling buruk adalah neraka saqar. Apa itu neraka saqar? Neraka saqar adalah jenis neraka yang tidak membiarkan orang yang diazab di dalamnya menarik nafas untuk beristirahat dari azab.

Bahkan, setelah diazab dengan azab yang pedih, ia akan dikembalikan kepada bentuknya semula untuk diazab lagi. 

Selain neraka saqar, orang-orang yang lalai dengan shalatnya juga akan mati dalam keadaan yang paling buruk. Dengan kata lain, su'ul khatimaj adalah kematian paling buruk.

Benar, seorang mukmin yang mati dalam keadaan su'ul khatimah adalah yang mati dalam keadaan keadaan su'ul khatimah adalah yang matinya dalam keadaan murtad kepada Allah Swt., kafir, berdosa besar, durhaka, berada dalam kemurkaan-Nya, dan menyepelekan perkara yang telah Allah wajibkan atasnya (seperti shalat misalnya). Sehingga, keburukan-keburukan itu akan membawanya ke dalam api neraka dan ia akan kekal di dalamnya. Nah, dari sini masihkah anda lalai melaksanakan kewajiban sebagai seorang mukmin, yakni mendirikan shalat?

Tidak hanya itu balasan bagi mukmin yang meremehkan dan melalaikan shalat. Bagi mereka yang lalai dalam shalatnya, Allah Swt. akan menyiksanya dengan 15 siksaan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang cukup panjang, "Dan barangsiapa meremehkan shalat, Allah akan menyiksanya dengan 15 siksaan, yaitu 6 siksaan dalam kehidupan di dunia, 3 siksaan ketika meninggal, 3 siksaan di alam kubur, dan 3 siksaan saat bertemu Tuhannya di padang mahsyar."

Lantas, apa sajakah 15 siksaan itu? Berikut ini 15 siksaan bagi orang-orang yang melalaikan shalat:

Pertama adalah 6 siksaan yang ditimpakan di dunia, yaitu:

  1. Dicabut keberkahan umurnya.
  2. Dihapus tanda kesalehan di wajahnya.
  3. Tidak diberi pahala oleh Allah atas semua yang telah ia lakukan.
  4. Tidak diangkat doanya ke langit.
  5. Tidak memperoleh bagian doa kaum saleh.
  6. Tidak beriman ketika ruh dicabut dari tubuhnya.

Kedua, 3 siksaan yang ditimpakan saat meninggal dunia, yaitu:

  1. Mati secara hina.
  2. Mati dalam keadaan lapar.
  3. Mati dalam keadaan haus (bahkan, seandainya diberi minum sebanyak lautan di bumi, hausnya tidak akan hilang).

Ketiga, 3 siksaan yang ditimpakan saat di dalam kubur, yaitu:

  1. Kuburannya akan menjadi sempit, sehingga menghimpit orang itu sampai tulang-tulangnya berantakan.
  2. Kuburannya dibakar dan sepanjang siang dan malam tubuhnya ber-kelajat-an menahan panas.
  3. Diserahkan kepada ular asy-syuja'ul aqra'. Yaitu ular di neraka yang kedua matanya berwujud api dan kukunya berupa besi. Panjang kukunya adalah sepanjang satu haru perjalanan. Bisakah anda bayangkan, bagaimana sosok ular asy-syuja'ul aqra'. itu? Nah, ular inilah yang akan memperkenalkan diri kepada si mayat dengan suara yang menggeledek, "Aku adalah ular asy-syuja'ul aqra'. Aku diperintahkan oleh Allah swt. untuk menyiksamu karena anda mengakhirkan shalat subuh hingga terbit matahari, mengundurkan shalat dzuhur hingga datang waktu asar, mengakhirkan shalat ashar sehingga maghrib tiba, mengundurkan shalat maghrib hingga waktu isya', dan mengakhirkan shalat isya' sampai subuh." Setiap kali ular itu memukul tubuh si mayat melesak 70 hasta ke dalam bumi. Ia disiksa dalam kuburannya hingga hari kiamat. Tidak hanya itu saja di hari kiamat nanti, wajah si mayat (orang yang lalai shalat) akan tertulis 3 baris kalimat, "Wahai orang yang mengabaikan hak-hak Allah, wahai orang yang dikhususkan untuk menerima siksa Allah, di dunia kau telah mengabaikan hak-hak Allah, maka hari ini berputus-asalah engkau dari rahmat-Nya".

Keempat, 3 Siksaan yang dilakukan ketika bertemu dengan Tuhannya:

  1. Allah tidak memandangnya.
  2. Allah tidak menyucikannya, dan ia memperoleh siksa yang amat pedih.
  3. Ketika langit terbelah, malaikat menemuinya dengan membawa rantai sepanjang 70 hasta untuk mengikat lehernya, kemudian memasukkan ujung rantai itu ke dalam mulut dan mengeluarkannya dari tubuhnya. Kadang kala ia mengeluarkannya dari bagian depan atau belakang tubuhnya. Sang malaikat berkata, "Inilah balasan bagi orang-orang yang mengabaikan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah." Ibnu Abbas ra. berkata, "Andaikata satu mata rantai itu jatuh ke dunia, niscaya cukup untuk membakarnya."
Demikianlah sebagian siksa yang akan diterima oleh orang-orang yang lalai shalat. Na'udzu billah, semoga kita tidak termasuk dari golongan mereka. Aamiin.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pengingat kita apabila rasa malas melanda ketika hendak melaksanakan kewajiban-Nya. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel