3 Kalimat yang Mewakili Taurat, Injil dan Al-Qur'an

Abusyuja.com_Diriwayatkan dari  Abu Abdillah Asy Syami. Dia adalah salah satu ulama yang pernah bertanya kepada seseorang yang sangat alim bernama Thawus. Beliau mengatakan bahwa apabila dia berkenan, orang tersebut akan menyingkat 3 kalimat untuk mewakili apa yang ada di dalam Taurat, Injil dan Al-Qur'an. Berikut kalimatnya:

3 kalimat untuk mewakili apa yang ada di dalam Taurat, Injil dan Al-Qur'an

  1. Takutlah kepada Allah dengan sebenar-benarnya, sehingga tidak ada sesuatu yang kamu takuti melebih ketakutanmu kepada Allah.
  2. Berharaplah kepada Allah dengan penuh harapan, melebihi daripada rasa takut kepada-Nya.
  3. Cintailah orang lain sebagaimana kamu mencintai dirimu sendiri.
Itulah 3 kalimat yang mewakili seluruh isi kitab Taurat, Injil dan Al-Qur'an.

Yang pertama adalah takut kepada Allah. Maksudnya adalah takut kepada Allah dengan cara menjaga lisan, menjaga mata, menjaga tangan, menjaga kaki, menjaga hati dan menjaga ketaatan dari hal-hal yang dilarang oleh-Nya.

http://www.abusyuja.com/2020/07/3-kalimat-yang-mewakili-injil-taurat-alquran.html

Yang kedua adalah memantapkan hati dalam mengharap sesuatu. Jangan sampai ketakutan kita pada-Nya melebihi harapan kita pada-Nya. Allah akan sama dengan apa yang kita perasangkakan. Apabila prasangka kita baik, niscaya Allah akan berlaku demikian. Begitu juga sebaliknya.

Yang ketiga adalah mencintai orang lain seperti halnya mencintai diri sendiri. Sebagaimana istilah yang sudah sering kita dengan yaitu hablum minannas, merupakan hubungan dengan sesama manusia yang harus kita jaga.

Perintah Allah seperti zakat, sedekah, tolong menolong, infaq, dan sejenisnya, itu merupakan sebuah ungkapan cinta kita kepada orang lain, simpati kita kepada orang lain dan empati kita kepada orang lain. Maka dari itu, mencintai sesama manusia layaknya mencintai diri sendiri merupakan hal yang wajib  ketika hidup dalam masyarakat.

Ada satu pembahasan unik lagi yang ingin kami sampaikan, yaitu mengenai 3 macam perbuatan yang dapat menghimpun iman secara keseluruhan, yaitu:
  1. Bersedekah dalam keadaan serba kekurangan,
  2. Menginsafi diri sendiri,
  3. Menyebarluaskan salam kepada seluruh makhluk.
Kemudian ada 3 macam perbuatan yang sangat di cintai oleh Allah Swt., yaitu :
  1. Memaafkan ketika kita mempunyai kesempatan untuk membalasnya,
  2. Bertindak adil ketika kita sedang marah,
  3. Sayang terhadap hamba-hamba Allah; karena tiada seorang pun yang sayang kepada hamba Allah melainkan Allah sayang kepadanya.
Berikut wahyu Allah yang diberikan kepada Nabi Adab as.
Wahai Adam, ada  4 macam perbuatan yang menghimpun segala kebaikan bagi kamu dan keturunanmu; 
  1. Perbuatan untuk-Ku (Allah): Kamu harus menyembah kepadaku dan janganlah mempersekutukan aku.
  2. Perbuatan untuk-Mu: Aku akan membalas amal perbuatanmu dan mengabulkan semua doa yang kamu benar-benar membutuhkannya.
  3. Perbuatan antara Aku dan kamu (Hablum minallah): Perbaiki hubunganmu dengan-Ku, niscaya Aku akan melakukan demikian.
  4. Perbuatan antara kamu dan sesama manusia (Hablum minannas): Bergaul kepada mereka dengan pergaulan yang baik sebagaimana kamu senang bila diperlakukan dengan baik oleh mereka. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel