Dahsyat! Inilah Manfaat Membaca Al-Qur’an

Orang yang hafal Al-Qur’an, jenazahnya tidak akan membusuk. Alkisah, di daerah kami dulu terdapat pemakaman yang berpotensi longsor, tepatnya di daerah Doro Grobogan Jawa Tengah. Akhirnya, beberapa makam terpaksa dibongkar untuk dipindahkan. Dan salah satu dari makam tersebut ternyata masih ada jenazah yang masih utuh, padahal umurnya sudah lumayan lama.

http://www.abusyuja.com/2020/07/manfaat-membaca-alquran.html

Setelah diselidiki, ternyata makam itu miliki anak perempuan Pak Jamari, kemudian beliau menceritakan jejak hidup anak perempuannya. Dulu, ia (anak perempuannya) pernah modok di salah satu pesantren sembari masuk program Tahfidzul Qur’an. Setelah menjadi hafidzah (penghafal Qur’an) ia boyong (keluar) dari pondok dan memutuskan untuk menikah. Tetapi Allah berkehendak lain, ia meninggal saat melahirkan anak pertamanya. (Sekarang jasad dipindah ke Pulokulon)

Dari kisah tersebut bisa kita ambil hikmah bahwa jasad penghafal Al-Qur’an akan dimuliakan, baik di dunia, di alam kubur, maupun di akhirat kelak. Tanah dan belatung tidak akan berani menyentuh jasad penghafal Al-Qur’an. Begitu juga dengan bumi, ia tidak akan mau menghimpit penghafal Al-Qur’an karena derajatnya lebih tinggi dibandingkan langit yang membentang.

Sebaik-baik bacaan adalah Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an itu dapat memberi syafaat bagi siapa saja yang mau membaca dan mengamalkannya. Barangsiapa yang menjadikan Al-Qur’an sebagai panutannya, maka ia akan dibawa ke surga, dan barangsiapa meninggalkan Al-Qur’an, maka ai akan diseret ke neraka.

Maksudnya, barangsiapa mau membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka kelak di hari kiamat ia akan dimasukkan ke dalam surga. Dan juga sebaliknya, barangsiapa yang tidak mau membaca dan mengamalkannya, maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka.

Bagi yang tidak lancar membaca Al-Qur’an janganlah berkecil hati. Apa lagi iri dengan orang lain yang bacaan Al-Qur’anya lebih bagus sampai-sampai lupa bersyukur. Ingat,  ditakdirkan bisa membaca Al-Qur’an saja merupakan karunia terbesar dalam hidup ini. Apabila kita tidak mensyukurinya, berarti kita telah meremehkan apa yang diagungkan oleh Allah Swt.

Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash ra., beliau mengatakan bahwa, 

“Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an, maka seolah-olah derajat kenabian itu telah mengelilingi dirinya, hanya saja ia tidak mendapatkan wahyu. Dan barangsiapa yang telah mahir membaca Al-Qur’an, lalu ia merasa bahwa ada orang lain yang diberi karunia lebih daripada apa yang telah diberikan kepadanya (yakni kemahiran dalam membaca Al-Qur’an), maka berarti ia telah meremehkan apa yang diagungkan oleh Allah Swt.”

Inilah Manfaat Manfaat Baca Al-Qur'an Setiap Hari  serta keutamaan Al-Qur’an di dunia maupun di akhirat:

1. Mendapatkan pahala dan kebaikan melimpah

Membaca Al-Qur’an dapat menjadikan hati kita tenang. Ketenangan inilah yang berdampak baik untuk kesehatan. Selain itu, orang yang membaca Al-Qur’an juga akan mendapatkan pahala yang melimpah.

Dari Husain bin Ali ra., dari Nabi Saw., bahwasanya beliau bersabda, “Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an di dalam shalat dengan berdiri, maka untuk setiap huruf ia mendapatkan 100 kebaikan. Barangsiapa membaca Al-Qur’an di dalam shalat dengan duduk, maka untuk setiap huruf ia mendapatkan 50 kebaikan. Barangsiapa membaca Al-Qur’an di luar shalat, maka untuk setiap hurufnya ia mendapatkan 10 kebaikan. Barangsiapa yang mendengarkan sesuatu ayat dari Al-Qur’an, sedangkan ia mengharapkan pahala, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan untuk setiap huruf yang ia dengar. (Ila akhirihi).”

2. Doanya akan dikabulkan oleh Allah

Masih dalam riwayat yang sama, yaitu dari Husain bin Ali ra., bahwa Nabi Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an hingga khatam, maka ia akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan doa yang mustajab di sisi Allah, baik (akan dikabulkan) dengan segera, maupun ditunda (di akhirat kelak).”

3. Kelak di akhirat akan diberi kerajaan

Dari Abu Umamah ra., bahwasanya ia berkata, Rasulullah menganjurkan kita untuk mempelajari Al-Qur’an, kemudian beliau memberitahukan tentang keutamaannya, dimana beliau bersabda yang intinya seperti ini:

Kelak Al-Qur’an akan menemui orang-orang yang sering membacanya. Kemudian ia akan berubah menjadi makhluk yang sangat tampan. Lalu Al-Qur’an itu membimbingnya ke hadirat Allah, lalu diberilah kerajaan ditangan kanannya, kemudian diberi kekekalan di tangan kirinya, di pasanglah mahkota di kepalanya, kedua orang tuanya akan diberi pakaian yang tidak dapat ditukar dengan dunia walaupun berlipat ganda.

Anda bisa membaca redaksinya dengan lengkap di kitab Tanbihul Ghafilin juz 1 halaman 158. Memang sengaja kami ringkas agar menghemat tempat.

4. Malaikat akan memohonkan rahmat untuknya

Sa’ad bin Waqqash ra., berkata, “Barangsiapa yang khatam membaca Al-Qur’an pada waktu siang, maka malaikat akan memohonkan rahmat atasnya sampai sore. Dan barangsiapa yang khatam membacanya pada waktu malam, maka malaikat akan memohonkan rahmat atasnya sampai pagi. Sedangkan para sahabat lebih suka mengkhatamkannya pada waktu siang.”

Abdullah bin Al Mubarak mengatakan bahwa, “Para ulama terdahulu lebih suka mengkhatamkan Al-Qur’an pada waktu siang di musim kemarau, dan pada waktu malam muslim dingin, sehingga malaikat lebih banyak (lebih lama) memohon rahmat untuk mereka.”

5. Lebih utama membacanya dengan pelan-pelan

Uqbah bin Amir meriwayatkan dari Nabi Saw., bahwasanya beliau bersabda, “Barangsiapa yang perlahan-lahan di dalam membaca Al-Qur’an adalah seperti orang yang diam-diam di dalam bersedekah. Dan orang yang keras di dalam membaca Al-Qur’an adalah seperti orang yang terang-terangan dalam bersedekah.”

Maksudnya adalah bila seseorang membaca Al-Qur’an dengan suara keras, maka itu baik baginya, dan bila ia membacanya dengan perlahan-lahan, maka itu lebih utama baginya.

6. Doanya akan diamini oleh 4000 malaikat

Dari Humaid Al A'raj ra., ia berkata, “Barangsiapa membaca Al-Qur'an kemudian ia berdoa, maka doanya akan diamini oleh empat ribu malaikat.” (Sunnah Ad-Darimi: 3345)

Dalam redaksi lain dijelaskan, “Barangsiapa membaca Al-Qur'an pada siang atau malam hari, maka para malaikat akan bershalawat untuknya sampai malam hari. Kemudian para malaikat lain berkata, ‘Maka ia diampuni.’” (Sunnah Ad-Darimi; 3344)

7. Membuat seseorang menjadi berprilaku mulia

Orang yang sering membaca Al-Qur’an, hatinya akan lunak, perasaannya akan tenang, dan hari-harinya akan diselimuti kebahagiaan. Dan sebaliknya, orang yang jarang baca Al-Qur’an atau bahkan sama sekali tidak mau membaca Al-Qur’an, hatinya akan menjadi keras, gampang marah, dan hidupnya akan kurang tenang.

Rasulullah Saw. pernah bersabda:

“Sebaik-baiknya orang adalah yang membaca dan menelaah (mempelajari) Al-Qur’an serta mengamalkannya kepada orang lain.” (HR. Bukhari)

Allah Swt. berfirman dalam QS. surat Ar-ra’d ayat 28 :

“Orang yang beriman akan memiliki hati tenang dan tenteram apabila selalu ingat dengan Allah Swt., maka ingat-lah, karena dengan mengingat-Nya, hatimu menjadi tenteram.”

8. Orang yang membacanya akan masuk surga 

Abu Umamah menjelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Barang siapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat fardhu, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain belum datangnya kematian.” (HR. Nasa'i)

9. Pelindung di hari kiamat 

Rasulullah pernah bersabda, “Bacalah Al-Qur’an karena ia akan datang memberikan syafaat di hari kiamat kepada pembacanya. Bacalah az zahrawain (surat Al-Baqarah dan Al-Imran), karena keduanya akan datang pada hari kiamat seakan-akan dua tumpuk awan, atau dua tumpuk naungan yang menaungi, atau dua kelompok burung yang mengepakkan sayapnya. Keduanya akan membela pembacanya kelak di Hari Kiamat. Bacalah surat al-baqarah karena akan mendatangkan berkah dan tidak membacanya berarti kerugian, serta para penyihir juga tidak akan mampu mengganggu pembacanya.” (HR. Muslim)

10. Manfaat Al-Qur’an untuk kesehatan

Apabila ada seseorang sedang mengidap penyakit tertentu, maka ayat kursi dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah dapat dijadikan sebagai obatnya, yaitu dengan membacanya di waktu permulaan siang dan malam ke dalam gelas berisi air, lalu diminumkan. Cara ini dapat dijadikan sebagai upaya alternatif selain pengobatan medis yang tentunya juga harus tetap dilakukan biidznillah (dengan izin Allah).

11. Untuk menghilangkan mimpi buruk

Apabila dibaca sebelum tidur, ayat kursi dalam Al-Qur’an dapat menghilangkan gangguan setan atau jin jahat serta gangguan mimpi buruk baginya, dengan seizin Allah.

12. Mengobati kerasukan jin

Selain keutamaan-keutamaan yang telah kami sebutkan di atas, ayat kursi ternyata juga dapat mengobati kerasukan. Apabila ada orang yang kerasukan jin, maka Ayat Kursi dapat dijadikan ruqyah dengan cara dibaca sebanyak 11 kali di telinga orang yang kerasukan jin tersebut. 

13. Meluluhkan hati penguasa

Apabila hendak bertemu dengan seorang pembesar, penguasa atau orang yang suka berlaku keras dan sombong, maka bacalah ayat Kursi dalam Al-Qur’an. Insya Allah, orang tersebut akan luluh hatinya dan bersikap lebih sopan.

Itulah beberapa manfaat membaca Al-Qur’an dalam Islam, baik untuk kepentingan dunia akhirat, maupun untuk kepentingan kesehatan dzahir dan batin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel