12 Nasihat Dahsyat Orang Tua untuk Anak

https://www.abusyuja.com/2020/08/12-nasihat-dahsyat-orang-tua-untuk-anak.html
Dalam sebuah hadis, ada 5 kalimat nasihat dahsyat orang tua kepada anak sebagaimana yang telah diajarkan oleh Nabi Adam ‘Alaihissalam. Berikut kalimatnya:

  1. Katakanlah kepada anak-anakmu, “Janganlah kamu merasa tenang dengan dunia, karena sesungguhnya aku dulu merasa tenang dengan surga, namun akhirnya Allah tidak ridha dan mengusirku dari surga."
  2. Katakanlah kepada anak-anakmu, “Setiap amal perbuatan yang ingin kamu kerjakan, maka pikirkanlah akibatnya. Karena seandainya aku memikirkan akibat daripada memakan (buah) pohon yang terlarang itu, niscaya aku tidak akan menerima akibat seperti ini."
  3. Katakanlah kepada anak-anakmu, “Janganlah kamu bertindak dengan menuruti kemauan istrimu, karena sesungguhnya aku bertindak dengan menuruti kemauan istriku dan aku mau memakan (buah) pohon yang terlarang itu, namun akhirnya aku sangat kecewa dan menyesal.”
  4. Apabila hatimu tidak merasa mantap dalam sesuatu, maka jauhilah. Karena sesungguhnya ketika aku hendak memakan (buah) pohon yang terlarang itu, hatiku tidaklah mantap, namun aku tidak menghiraukannya, sehingga aku menyesal.
  5. Bermusyawarahlah dalam segala urusan, karena seandainya aku bermusyawarah dengan malaikat, niscaya aku tidak akan tertimpa musibah seperti ini.

Itulah 5 kalimat yang bisa anda terapkan dan anda tancapkan ke dalam hati anak-anak anda. Dan berikut kalimat menyentuh yang bisa anda jadikan nasehat untuk anak-anak anda: 

Dari Sayyid Al-Balkhi, di mana ia berkata, “Aku telah memilih 400 hadis dari 4000 hadis, kemudian dari 400 hadis itu aku memilih 40 hadis, dan dari 40 hadis itu aku menyimpulkan menjadi empat nasihat ini:

  1. Janganlah kamu mengikatkan hatimu kepada perempuan karena ia hari ini untukmu, dan esok hari untuk orang lain. Apabila kamu patuh kepadanya, niscaya ia akan memasukkan kamu ke dalam neraka.
  2. Janganlah kamu mengikatkan hatimu kepada harta benda, karena harta benda itu merupakan barang pinjaman, hari ini untukmu dan esok hari untuk orang lain. Oleh karena, itu janganlah kamu bersusah payah untuk kepentingan orang lain, sehingga yang merasa enak orang lain, sedangkan dosa-dosanya kamu yang menanggungnya. Apabila kamu mengikat hati dengan harta, niscaya harta itu akan menghalang-halangimu untuk menunaikan kewajiban kepada Allah dan kamu akan merasa takut miskin serta kamu akan selalu menuruti setan.
  3. Tinggalkanlah apa yang ragu di dalam hatimu, karena sesungguhnya hati orang yang beriman itu merasa bimbang dalam hal yang syubhat, ragu dan kurang mantap dari yang haram dan tenang dalam hal yang halal.
  4. Janganlah kamu mengerjakan sesuatu sebelum mengerti benar bagaimana nanti kamu mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah Swt.

Itulah beberapa nasehat orang tua yang bisa anda tancapkan ke dalam hati anak-anak anda Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat 

Dan berikut beberapa nasehat Rasulullah untuk diri kita sendiri atau anak-anak kita nanti:

  1. Jadilah kamu di dunia ini seolah-olah kamu itu orang asing, atau orang yang sedang melewati jalan, dan persiapkanlah bahwa dirimu termasuk  ahli kubur (akan menemui mati).
  2. Apabila kamu berada di waktu pagi, maka janganlah kamu membayangkan bahwa dirimu akan sampai pada sore hari. Dan apabila kamu berada di waktu sore maka janganlah kamu membayangkan bahwa dirimu akan sampai pada waktu pagi, manfaatkanlah sebaik baik masa hidupmu sebelum datang kematianmu, dan masa sehatmu sebelum sakitmu, karena kamu tidak mengetahui apakah namamu nanti di akhirat.

Itulah beberapa nasehat orang tua kepada anak-anaknya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel