Surat Al-Anfal: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Khasiat

https://www.abusyuja.com/2020/08/surat-al-anfal-pokok-kandungan-khasiat.html
Al-Anfal artinya adalah "harta rampasan perang". Surat ini terdiri dari 75 ayat dan termasuk golongan surat Madaniyyah. Ia dinamakan Al-Anfal karena di dalamnya tedapat lafadz Al-Anfal pada permulaan ayatnya. Menurut riwayat Ibnu Abbas, surat ini diturunkan berkenaan dengan perang Badar Kubra yang terjadi pada tahun kedua Hijriah. Perang itu mendapatkan perhatian di dalam Al-Qur'an, karena dianggap memiliki peranan penting dalam kemajuan peradaban Islam.

Pada perang itu, pasukan kaum Muslimin yang hanya berjumlah sedikit dan dengan perlengkapan yang kurang, pada akhirnya berhasil mengalahkan pasukan kaum Musyrikin yang sangat besar disertai perlengkapan perang yang lengkap. Sehingga kaum Muslimin mendapatkan harta rampasan yang sangat banyak. Oleh karena itu, timbullah masalah bagaimana membagi harta rampasan perang itu secara adil dan benar. Maka Allah menurunkan ayat pertama dari surat ini.

Pokok Kandungan Surat Al-Anfal

Pokok kandungan surat Al-Anfal adalah Allah senantiasa menyertai orang-orang yang beriman dan melindungi mereka. Di surat Al-Anfal juga dijelaskan mengenai jaminan Allah terhadap kemenangan kaum Muslimin, adanya pertolongan para malaikat dalam perang Badar yang menolong kaum Muslimin, syirik adalah dosa besar, aturan pembagian harta rampasan perang, larangan mundur dalam perang, tujuan peperangan dalam Islam, larangan berkhianat kepada Allah dan Rasul, serta larangan mengkhianati perjanjian.

Di dalam surat Al-Anfal juga memuat kisah-kisah keengganan kaum Muslimin ikut perang Badar, kamus Muslimin di waktu perang Badar, baik sebelumnya maupun sesudahnya serta ketika perang masih berlangsung, kisah tentang keadaan baginda Nabi Muhammad Saw. sebelum Hijrah, permusuhan kaum Musyrik terhadap baginda Nabi, orang Yahudi membatalkan perjanjian dengan baginda Nabi Muhammad Saw., keadaan orang-orang Musyrikin, ahli kitab dan keburukan orang-orang munafik.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Anfal

Adapun keutamaan dan khasiat surat Al-Anfal adalah dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang. Serta ia disegani oleh seluruh lapisan masyarakat, ia akan mengeluarkan aura kewibawaan yang akan membuat orang lain nyaman ketika berada di dekatnya.

Adapun caranya yaitu dengan membaca surat Al-Anfal ayat 62-63 yang berbunyi: 

 وَإِنْ يُرِيدُوا أَنْ يَخْدَعُوكَ فَإِنَّ حَسْبَكَ اللَّهُ هُوَ الَّذِي أَيَّدَكَ بِنَصْرِهِ وَبِالْمُؤْمِنِينَ (62)

 وَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ لَوْ أَنْفَقْتَ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا مَا أَلَّفْتَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ أَلَّفَ بَيْنَهُمْ إِنَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ (63) 

Artinya: "Dan jika mereka bermaksud hendak menipumu, maka sesungguhnya cukuplah Allah (menjadi Pelindungmu). Dialah yang memperkuatmu dengan pertolongan-Nya dan dengan orang-orang mukmin, dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). Walau­pun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Mahaperkasa lagi Mahabijaksana." (QS. Al-Anfal: 62-63)

Bacalah ayat di atas sebanyak mungkin tanpa batas waktu dan tempat. Gunakan ayat tersebut sebagai dzikir agar menjadi wasilah agar doa kita dikabulkan serta orang-orang akan mencintai kita.

Demikian pembahasan mengenai Surat Al-Anfal: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Khasiat. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel