Baca! Lakukan 4 Hal Ini Agar Anak Tidak Nakal Lagi

https://www.abusyuja.com/2020/09/lakukan-4-hal-ini-agar-anak-tidak-nakal.html
Anak merupakan karunia atau titipan Allah Swt. kepada kita. Setiap orang tua pasti menginginkan buah hati yang cantik apabila perempuan, dan tampan apabila laki-laki. Setiap orang tua pasti mengidamkan anak yang baik, anak yang cerdas serta anak yang berbakti kepada orang tua.

Dan salah satu upaya orang tua agar anak tidak terjerumus ke dalam keburukan adalah dengan cara mendidiknya sedari kecil, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama. Selain itu, kita sebagai orang tua juga diwajibkan mendidiknya dengan ilmu budi pekerti. Ilmu budi pekerti atau ilmu akhlak ini merupakan salah satu ilmu yang sangatlah penting dimiliki bagi setiap anak.

Bayangkan, anak yang tidak memiliki akhlak, pastilah kelakuannya akan sangat buruk. Saat ibunya memerintah, ia dapat membangkang, saat ibunya meminta tolong, ia berani menolak, saat ibunya mengajaknya berbicara, ia dengan lancang menggunakan bahasa kasar (ngoko dalam bahasa jawa).

Maka dari itu, pendidikan akhlak kepada anak sangatlah penting. Hal ini juga harus dibarengi dengan ilmu-ilmu lain, agar porsi pemahamannya selalu berimbang dalam masa-masa belajarnya. Jangan terlalu memprioritaskan pendidikan umum saja, tetapi juga harus diimbangi dengan ilmu agama.

Selain mengajarkan pendidikan, orang tua juga harus berani tirakat. Tirakat dalam arti mendekatkan diri kepada Allah agar apa yang menjadi hajat kita dikabulkan oleh-Nya, khususnya dalam hajat agar anak-anak kita terhindar dari dampak-dampak negatif lingkungan, serta doktrin-doktrin yang dapat merusak akal pikirnya.

Ada sebuah riwayat dari Kyai saya sekaligus guru besar saya, beliau adalah KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri, Lc., Beliau memberikan ijazah mengenai bagaimana cara tirakat orang tua agar anaknya tidak nakal lagi. Berikut caranya:

1. Membaca ayat kursi

Pertama-tama, membaca ayat kursi sebanyak 11 kali setelah shalat isya' (secara rutin). Khusus untuk malam jumat, membaca ayat kursi sebanyak 40 kali, dan dibaca 11 kali pada kalimat yang berbunyi, "Walaa yauuduhuu hifdzuhumaa wa huwal 'aliyyul 'adziim."

2. Berpuasa

Setiap hari kelahiran anak atau hari ulang tahun, hendaknya orang tua berpuasa dan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali.

3. Rutinkan tahajud dan hajat

Hendaknya orang tua merutinkan shalat malam, seperti shalat tahajud dan hajat, kemudian berdoalah semoga anak kita dijadikan anak yang shalih-shalihah, 'alim-'alimah, serta manfaat dan berkah semua urusannya.

Terdengar berat, tetapi akan sepadan dengan apa yang akan kita dapat. Orang tua seperti kita, akan sangat beruntung dan jadi satu-satunya makhluk yang paling beruntung apabila anak-anak kita, keturunan-keturunan kita mau mendoakan kita setiap hari. Dan doa-doa tersebut pastilah akan sampai, serta doa-doa itu akan jadi jariyah yang tidak akan pernah terputus.

4. Diberi rezeki yang halal

Jangan sekali-kali memasukkan barang haram kedalam perut anak. Kita sebagai orang tua harus bisa memastikan bahwa setiap apa yang masuk kedalam perut anak atau keluarga kita haruslah berupa perkara yang baik dan halal.

Itulah 4 hal yang bisa dilakukan agar anak-anak kita tidak nakal lagi. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam.

Dan satu lagi, kami mohon Fatihahnya buat romo yai KH. Ahmad Baidlawie Syamsuri..Al-Fatihah...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel