Manfaat Memperbanyak Dzikir Kepada Allah Swt.

https://www.abusyuja.com/2020/10/manfaat-memperbanyak-dzikir-kepada.html
Allah memerintahkan manusia untuk selalu berdzikir. Berdzikir sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Kita tahu bahwa manusia memiliki empat macam keadaan, yaitu keadaan taat, maksiat, bahagia, dan silit.

Apabila seseorang berada dalam keadaan taat, maka ia harus ingat bahwa hal itu adalah berkat pertolongan Allah seraya berharap semoga ketaatan itu dapat istiqomah dan diterima oleh Allah Swt.

Ketika seseorang berada dalam keadaan maksiat, maka ia harus berdoa agar segera dijauhkan dari maksiat yang ia lakukan seraya bertobat kepada-Nya. Dan setelah itu, ia harus berusaha dan berikhtiar untuk menjauhi segala larangan Allah Swt.

Ketika seseorang berada dalam keadaan bahagia, maka hendaknya ia harus memperbanyak bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah Swt. Dengan bersyukur, kenikmatan tersebut niscaya akan ditambah berkali-kali lipat.

Ketika seseorang berada dalam keadaan sulit, maka hendaknya ia harus bersabar. Bersabar merupakan sikap yang mulia. Orang yang terbiasa bersabar akan kebal dengan situasi buruk, hatinya dan jiwanya akan kokoh ketika dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan.

Itulah empat keadaan manusia. Di mana, dalam keadaan-keadaan tersebut, entah itu saat bahagia, sulit, taat, maupun maksiat, kita diharuskan untuk selalu memperbanyak berdzikir kepada Allah. Lalu apa manfaat berdzikir?

1. Allah akan Ridha

Ketika Allah Ridha dengan makhluknya, niscaya kebaikan akan menyelimutinya. Kebaikan dan karunia akan datang bertubi-tubi kepadanya. Dan salah satu cara untuk mendapatkan Ridha Allah adalah dengan memperbanyak berdzikir.

2. Ibadah kita akan tambah rajin

Berdzikir dapat melunakkan hati. Saat hati lunak, tubuh akan terasa ringan ketika ingin melaksanakan ibadah. Dzikir juga dapat mengusir gangguan dan hawa nafsu, yaitu induk dari kemalasan ibadah.

3. Terjaga dari setan

Saat kita berdzikir, setan akan benci dengan kita. Sebab, apa yang ada di dalam hati kita hanyalah Allah, lantunan yang keluar dari mulut kita hanyalah pujian-pujian kepada Allah. Saat hati kita dipenuhi cahaya ilahi, niscaya setan tak akan sudi menggoda kita. Wallahu A'lam

4. Hati jadi lunak

Saat hati jadi lunak, ibadah akan terasa ringan. Ketika ingin salat rasanya ringan, ingin zakat rasanya juga ringan. Saat hati lunak, tubuh akan terasa ringan dalam melakukan hal-hal yang baik. Dan sebaliknya, tubuh akan terasa berat ketika ingin melakukan maksiat.

5. Tercegah dari maksiat

Berdzikir merupakan aktivitas ibadah yang memiliki ribuan hikmah. Apabila kita terbiasa berdzikir, Allah akan menghidupkan lampu hati kita. Segala tempat gelap di hati kita terang. Saat itulah suara hati akan lebih kita dengar daripada menuruti suara nafsu. Ketika ingin bermaksiat, hati nurani pun akan menolak, ia akan mengontrol perilaku kita agar tetap di jalan yang benar.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat apabila kita mau memperbanyak dzikir. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel