Perintah Memberi Maaf dan Menjauhi Sifat Dendam

https://www.abusyuja.com/2020/10/perintah-memberi-maaf-dan-menjauhi-sifat-dendam.html
Pada suatu hari, seorang laki-laki datang menghadap Rasulullah Saw. Laki-laki itu berkata, “Wahai Rasulullah, berikanlah aku nasihat.” Rasulullah Saw. bersabda, “Janganlah kamu marah.” Baginda kemudian mengulanginya berkali-kali.

Abu Hurairah ra. menyatakan bahwa sesungguhnya pesan itu adalah pesan Rasulullah kepada umatnya, agar menjauhi berbagai penyakit hati, seperti marah, dendam, iri hati, riya, takabur, dan dengki.

Allah Swt. memberikan peringatan agar kita memelihara persatuan umat dan menjauhkan diri dari permusuhan serta perpecahan yang dapat mengakibatkan dendam yang akan merusak tatanan masyarakat.

Allah berfirman,

وَأَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَلَا تَنَٰزَعُوا۟ فَتَفْشَلُوا۟ وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَٱصْبِرُوٓا۟ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ 

"Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al-Anfal: 46)

Berkaitan dengan itu, Rasulullah Saw. telah berpesan, "Janganlah kamu menyimpan dendam. Janganlah kalian berhasad dengki. Janganlah kalian berpaling muka. Janganlah kalian berkelompok-berkelompok. Namun sebaliknya, hendaklah kalian bersaudara. Tidaklah baik bagi seorang muslim tidak bertegur sapa dengan saudaranya melebihi tiga hari."

Untuk menguatkan rasa persatuan dan menghindarkan diri dari rasa dendam, Rasulullah Saw. berpesan, "Demi Tuhan yang jiwaku berada dalam kekuasaan-Nya, kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman hingga kalian saling berkasih sayang. Maukah kalian jika kutunjukkan suatu amalan yang bila kalian melakukannya, maka kalian akan saling menyayangi? Yaitu ucapkanlah salam."

Apa pesan yang bisa kita petik dari hadis di atas?

Substansi yang paling penting adalah, kita dianjurkan untuk saling sapa ketika berpapasan dengan saudara kita, tetangga, kerabat, bahkan orang tak dikenal sekalipun. Manfaat dari salam atau saling sapa adalah membentuk rasa kasih sayang di antara keduanya.

Kasih sayang inilah yang merupakan bagian dari iman. Sebagaimana hadis di atas, surga hanya diperuntukkan kepada orang-orang yang beriman. Sedangkan iman sendiri dapat dibentuk lewat rasa kasih sayang.

Lawan dari kasih sayang adalah sifat penyakit hati, salah satunya adalah pendendam dan dengki. Sedangkan obatnya adalah suka memberi maaf. Saat kita benar atau salah, usahakan minta maaflah terlebih dahulu. Jika dirasa orang yang kita ajak bicara tersinggung padahal kita mengucapkan sesuatu yang sopan dan benar, maka minta maaflah dulu. Sebab, minta tidak membuat harga diri kita turun, justru malah membuat harga diri kita naik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel