Sifat Sombong Penghalang Masuk Surga

https://www.abusyuja.com/2020/10/sifat-sombong-penghalang-masuk-surga.html
Rasulullah Sae. mengingatkan berata berbahayanya sifat sombong sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud, bahwa Baginda Nabi Saw. pernah bersabda, "Tidak akan masuk surga, seseorang yang di dalam hatinya terdapat sedikit sifat sombong."

Lalu, seseorang berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya orang itu memakai pakaian dan sepatu yang bagus."

Baginda menjawab, "Sesungguhnya Allah Swt. itu indah dan menyukai keindahan. Dan yang dimaksud dengan kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan memandang rendah orang lain."

Pembaca yang dirahmati oleh Allah, dalam hadis di atas dapat kita petik pelajaran bahwa orang yang memiliki kesombongan dalam dirinya tidak akan masuk surga. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang menggunakan kemewahan dalam penampilannya? Selagi itu indah dan tidak berlebihan, Allah akan tetap menyukainya. Dengan catatan, dia memakai kemewahan itu bukan bermaksud bertujuan menyombongkan dirinya.

Allah Swt. berfirman:

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ 

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS. Luqman: 18)

قِيلَ ٱدْخُلُوٓا۟ أَبْوَٰبَ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَا ۖ فَبِئْسَ مَثْوَى ٱلْمُتَكَبِّرِينَ 

"Dikatakan (kepada mereka): "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri." (QS. Az-Zumar: 72)

Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari, Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Maukah kalian aku beritahu tentang penghuni surga?"

Para sahabat menjawab, "Tentu wahai Rasulullah."

Baginda bersabda, "Penghuni surga adalah orang yang lemah dan direndahkan orang lain, sedangkan jika ia berdoa kepada Allah Swt., niscaya Allah akan mengabulkan doanya. Maukah kalian aku beritahu tentang penghuni neraka?"

Para sahabat menjawab, "Tentu wahai Rasulullah."

Nabi menjawab, "Penghuni neraka adalah orang-orang yang keras kepala, berbuat sesuka hati, dan sombong perilakunya."

Sesungguhnya Allah Swt. memerintahkan kita agar senantiasa bersikap tawadhu' dan rendah hati. Kita semua ini adalah hamba-Nya yang berasal dari setetes mani yang hina. Karena itu, apakah yang hendak kita banggakan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel