Surat Al-Anbiya': Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaat

https://www.abusyuja.com/2020/10/surat-al-anbiya-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Surat Al-Anbiya' artinya adalah "perahu Nabi". Surat ini terdiri atas 112 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Ia dinamakan Surat Al-Anbiya' karena di dalamnya menceritakan tentang kisah beberapa Nabi. Di antaranya adalah kisah Nabi Ibrahin yang mengajak ayahnya untuk menyembah Allah, bantahannya terhadap kaumnya yang menyembah berhala dan bantahannya terhadap Raja Namrudz yang menganggap bahwa dirinya adalah Tuhan. Dan juga kisah Nabi Nuh, Nabi Daud, Sulaiman, Nabi Ayub, Nabi Yunus, dan Kisah Nabi Zakaria.

Pokok Kandungan Surat Al-Anbiya'

Adapun pokok kandungan Surat Al-Anbiya' adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan bahwa langit dan bumi akan binasa kalau ada tuhan selain Allah;
  2. Menjelaskan bahwa semua Rasul membawa ajaran tauhid;
  3. Menjelaskan bahwa setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati;
  4. Menjelaskan bahwa cobaan yang diberikan Allah kepada manusia bisa berupa kebaikan dan keburukan;
  5. Menceritakan bahwa kelak hari kiamat akan terjadi secara tiba-tiba;
  6. Menjelaskan tentang karunia Al-Qur'an;
  7. Menjelaskan tuntutan kaum Musyrik terhadap Nabi Muhammad Saw. untuk mendatangkan mukjizat selain Al-Qur'an;
  8. Menceritakan bahwa kehancuran umat manusia itu karena kezalimannya;
  9. Allah menciptakan langit dan bumi beserta hikmahnya;
  10. Ya'juj dan Ma'juj sebagai salah satu tanda terjadinya hari kiamat dan sesuatu yang hidup berasal dari air.

Fadhilah dan Khasiat Surat Al-Anbiya'

Adapun keutamaan dan manfaat Surat Al-Anbiya' adalah sebagai berikut:


Pertama, termasuk Al-Ma'in yang diturunkan kepada Baginda Nabi Muhammad Saw. sebagai pengganti Zabur.

Kedua, seperti orang yang menemani seluruh Nabi di Surga An-Na'im. Abi Abdullah terlah berkata, "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Anbiya' karena cinta kepadanya, maka ia seperti orang yang menemani seluruh Nabi di surga An'-Na'im, dan ia hidup dengan penuh kemuliaan di hadapan manusia di dunia." (Tsawabul A'mal: 137)

Ketiga, Allah menghisabnya dengan mudah serta setiap Nabi yang disebut dalam surat ini akan menjabat tangannya dan menyampaikan salam kepadanya. Nabi Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah, semua nabi yang disebutkan dalam surat ini akan menjabat tangannya dan mengucapkan salam kepadanya." (Tafsirul Burhan, Juz 5: 205)

Keempat, bisa digunakan untuk wasilah atau dia agar terhindar dari kezaliman. Adapun caranya adalah dengan membaca Surat Al-Anbiya' ayat 25-26 setelah selesai shalat fardhu.

Kelima, bisa digunakan untuk wasilah atau doa memohon diberi kemudahan ketika sedang melahirkan. Adapun caranya adalah dengan membaca Surat Al-Anbiya' ayat 30 sebanyak-banyaknya.

Keenam, bisa digunakan untuk mendinginkan yang panas, atau meredam emosi dan amarah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Anbiya' ayat 69.

Ketujuh, dahsyat untuk menenangkan hati, serta dapat digunakan untuk penerang hati. Bagi seseorang yang sedang tertimpa masalah, sehingga hatinya dirundung kegelisahan, maka berdoalah dengan membaca Surat Al-Anbiya' ayat 79, seraya memohon kepada Allah supaya dikabulkan oleh-Nya.

Kedelapan, dapat mendekatkan kita kepada Allah. Adapun caranya yaitu dengan memperbanyak membaca Surat Al-Anbiya' ayat 82 sebagai zikir setelah mendirikan shalat fardhu.

Kesembilan, penyembuh penyakit dan kebahagiaan hidup. Barangsiapa yang sedang tertimpa penyakit, selain berobat secara medis, berwasilah dengan surat ini sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan. Dan ayat ini juga sebagai wasilah doa agar memperoleh kehidupan yang dipenuhi kebahagiaan. Caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Anbiya' ayat 83.

Kesepuluh, bisa digunakan untuk wasilah atau dia agar segala hajat kita terkabulkan oleh Allah Swt. Barangsiapa yang sedang memiliki suatu hajat, atau suatu keperluan, maka bacalah Surat Al-Anbiya' ayat 87 secara istiqamah, maka (atas izin Allah) segala hajatnya itu akan terpenuhi.

Kesebelas, bisa digunakan untuk wasilah doa agar diberikan keluarga yang saleh. Siapa pun menghendaki memiliki keluarga, anak-anak dan keturunan yang saleh dan Salehah. Maka, salah satu caranya adalah dengan mengamalkan Surat Al-Anbiya' ayat 89 secara istiqamah, insya Allah kita akan diberikan keturunan yang baik dan berbakti.

Terakhir, digunakan untuk wasilah dao untuk keselamatan bayi yang ada di dalam kandungan. Barangsiapa yang menginginkan bayinya yang berada di dalam kandungan terlahir dengan selamat, maka amalkanlah Surat Al-Anbiya' ayat 91-93. Terutama kepada ibu-ibu yang memiliki kandungan lemah, maka amalan ini akan sangat bermanfaat sekali. Wallahu A'lam

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan , keutamaan dan manfaat Surat Al-Anbiya'. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel