Surat Ibrahim: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaat

https://www.abusyuja.com/2020/10/surat-ibrahim-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Ibrahim maksudnya adalah Nabi Ibrahim. Surat ini terdiri atas 52 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Ia dinamakan surat Ibrahim karena di dalamnya memuat doa Nabi Ibrahim, yaitu di ayat 35-41. Adapun doa Nabi Ibrahim itu antara lain memohon agar keturunannya mendirikan shalat, dijauhkan dari menyembah berhala-berhala, dan semoga Makkah menjadi negeri yang aman dan makmur.

Doa ini dipanjatkan Nabi Ibrahim setelah membangun Kakbah bersama Nabi Ismail, putranya. Dan sungguh doa ini telah dikabulkan oleh Allah, sebagaimana dapat kita lihat sekarang ini, bahwa Makkah menjadi kota yang aman dan makmur, dari dulu sampai sekarang.

Pokok Kandungan Surat Ibrahim

Adapun pokok kandungan Surat Ibrahim adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan tentang Al-Qur’an sebagai pembimbing umat manusia kepada Allah;
  2. Menegaskan bahwa keingkaran manusia terhadap Allah tidak akan mengurangi kesempurnaannya;
  3. Menjelaskan bahwa Allah berkuasa mematikan manusia dan membangkitkannya kembali;
  4. Penjelasan tentang perintah mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian harta, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi.

Keutamaan dan Manfaat Surat Ibrahim

Di antara Fadhilah atau keutamaan dan Khasiat Surat Ibrahim adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah, sebagai pengganti Injil.

Kedua, Nabi menangis ketika membaca surat Ibrahim ayat 36. Abdullah bin Amru bin Ash meriwayatkan bahwa Nabi Saw. pernah membaca firman Allah tentang pengaduan Nabi Ibrahim kepada Allah, yakni:

“Ya Tuhanku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barangsiapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya Engkau, Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ibrahim: 36)

Ketiga, bisa digunakan untuk wailah atau doa agar terhindar dari syirik. Syirik adalah salah satu dari dosa besar, sehingga kita memang wajib menghindarinya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya apabila kita senantiasa memohon kepada Allah, agar dijauhkan dari dosa ini, bukan hanya untuk diri kita sendiri, namun juga untuk anak keturunan kita. salah satu caranya adalah dengan membaca ayat 32-34 dari surat Ibrahim. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut:

ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ وَأَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَأَخْرَجَ بِهِۦ مِنَ ٱلثَّمَرَٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ ۖ وَسَخَّرَ لَكُمُ ٱلْفُلْكَ لِتَجْرِىَ فِى ٱلْبَحْرِ بِأَمْرِهِۦ ۖ وَسَخَّرَ لَكُمُ ٱلْأَنْهَٰرَ

وَسَخَّرَ لَكُمُ ٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ دَآئِبَيْنِ ۖ وَسَخَّرَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ

وَءَاتَىٰكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِن تَعُدُّوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ لَا تُحْصُوهَآ ۗ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

“Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.” (QS. Ibrahim: 32)

“Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.” (QS. Ibrahim: 33)

“Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim: 34)

Nabi Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia akan diberikan kebaikan sejumlah orang yang menyembah berhala dan orang yang tidak menyembahnya. Barangsiapa yang menulisnya pada potongan kain berwarna putih, dan dikalungkan kepada anak kecil, maka anak itu akan aman dari tangisan, ketakutan dan beberapa hal (buruk) yang biasa menimpa anak kecil.” (Tafsirul-Burhan, Juz 4: 305)

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan Surat Ibrahim lengkap dengan keutamaan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel