Surat Ar-Rum: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaat

https://www.abusyuja.com/2020/11/surat-ar-rum-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Ar-Rum artinya adalah “Bangsa Romawi”. Surat Ar-Rum terdiri atas 60 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Al-Insyiqaq. Ia dinamakan Surat Ar-Rum karena surat ini memuat berita tentang kerajaan Romawi yang pada mulanya dikalahkan kerajaan Persia, namun beberapa tahun kemudian akhirnya mereka berhasil menuntut balas dan mengalahkan kerajaan Persia itu.

Berita itu terutama terdapat pada Surat Ar-Rum ayat 2,3 dan 4. Berita itu juga menjadi salah satu mukjizat, di mana Al-Qur’an  telah menyampaikan kejadian yang bakal terjadi di masa depan. Itu juga menjadi penyemangat bagi kaum Muslimin, bahwa mereka pun bisa mengalahkan kaum Musyrik (yang lebih kuat). Hal itu terbukti pertama kalinya pada perang Badar.

Pokok Kandungan Surat Ar-Rum

Adapun pokok kandungan dari Surat Ar-Rum adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan tentang kewajiban menyembah Allah dan mengakui ke-Esa-an-Nya;
  2. Menjelaskan tentang fitrah manusia;
  3. Perintah tentang kewajiban dakwah;
  4. Perintah memberikan nafkah kepada kerabat, fakir miskin dan lain sebagainya;
  5. Hukum riba;
  6. Larangan mengikuti orang musyrik.

Fadhilah dan Khasiat Surat Ar-Rum

Adapun keutamaan dan manfaat dari Surat Ar-Rum adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah, sebagai pengganti Injil.

Kedua, Memperoleh pahala sepuluh kebaikan sejumlah seluruh malaikat yang mensucikan Allah di langit dan bumi.

Nabi Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Ar-Rum), maka ia memperoleh pahala sepuluh kebaikan sejumlah malaikat yang mensucikan (membaca tasibih) Allah di langit dan bumi.(Tafsirul Burhan, Juz6: 142)

Ketiga, doa agar diampuni segala dosa. Manusia pastilah pernah berdosa dan berbuat salah, karena itulah lumrahnya manusia. Namun manusia yang baik adalah manusia yang sadar bahwa setelah melakukan kesalahan, maka ia akan memohon ampunan. Salah satu wasilah agar doa kita mendapatkan pengampunan dari Allah adalah membaca Surat Ar-Rum ayat 17. Berikut bacaannya:

فَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ 

“Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh.” (QS. Ar-Rum: 17)

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Ar-Rum. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel