Surat Luqman: Pokok Kandungan, Keutamaan, dan Manfaat

https://www.abusyuja.com/2020/11/surat-luqman-pokok-kandungan-manfaat-keutamaan.html
Surat Luqman artinya adalah "Luqman" (sebuah nama). Surat ini terdiri atas 34 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Ash-Shaffat. Ia dinamakan Luqman, karena pada ayat ke 12 disebutkan bahwa Luqman telah diberi nikmat dan ilmu pengetahuan oleh Allah. Sedangkan pada ayat 13-19, disebutkan tentang nasihat-nasihat Luqman kepada anak-anaknya. Ini menjadi isyarat bahwa orang tua memang harus memberi nasihat kepada anak-anaknya sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Luqman.

Pokok Kandungan Surat Luqman

Adapun pokok kandungan dari Surat Luqman adalah sebagai berikut:

  • Kewajiban patuh dan berbakti kepada orang tua selama tidak bertentangan dengan perintah Allah;
  • Perintah agar kita memperhatikan alam;
  • Perintah untuk selalu bertakwa kepada Allah dan takut atas pembalasan-Nya;
  • Menceritakan orang-orang sesat yang senantiasa menghina ayat-ayat Allah;
  • Menceritakan celaan orang-orang musyrik;
  • Menjelaskan nikmat dan karunia Allah tidak yang tidak dapat dihitung;
  • Surat ini tanda sekaligus pelipur lara Rasulullah bahwa keingkaran orang musyrik itu bukan karena kelakuan beliau.

Fadhilah dan Khasiat Surat Luqman

Adapun keutamaan dan manfaat dan Surat Luqman adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah, sebagai pengganti Injil.

Kedua, Allah memerintahkan malaikat untuk melindunginya dari Iblis dan bala tentaranya pada malam itu hingga pagi harinya, atau sejak pagi hari hingga malamnya.

Abu Ja'far berkata, "Barangsiapa yang membaca Surat Luqman di setiap malam, maka Allah akan memerintahkan malaikat untuk melindunginya dari Iblis dan bala tentaranya pada malam itu hingga pagi harinya, atau sejak pagi hari hingga malamnya." (Tsawabul A'mal: 139)

Ketiga, diberi sepuluh kebaikan sejumlah orang yang amar ma'ruf nahi munkar, serta sebagai wasilah obat sakit perut dan menghentikan darah yang mengalir.

Nabi Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini, malka Luqman akan menemuinya di hari kiamat, ia diberi sepuluh kebaikan sejumlah orang yang amar ma'ruf nahi munkar. Dan siapa yang menulisnya dan meminumkan (air)nya kepada orang yang di dalamnya terdapat penyakit, maka akan hilang penyakitnya. Dan apabila ada orang yang banyak mengeluarkan dara, baik laki-laki maupun perempuan, maka gantungkan (tulisan melindunginya dari Iblis dan bala tentaranya pada malam itu hingga pagi harinya, atau sejak pagi hari hingga malamnya) itu pada tempat yang terluka tersebut, maka akan berhenti darahnya, dengan izin Allah." (Mujma'ul Bayan, Juz 8: 74)

Keempat, doa ketika kehilangan suatu barang. Ketika seseorang telah kehilangan miliknya, maka bermunajatlah kepada Allah, agar segera dikembalikan ke padanya. Adapun salah satu wasilah doa yang tepat adalah dengan membaca Surat Luqman ayat 16. Berikut bacaannya:

يَٰبُنَىَّ إِنَّهَآ إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ فَتَكُن فِى صَخْرَةٍ أَوْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ أَوْ فِى ٱلْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

Kelima, Doa agar diberi kecerdasan. Selain belajar dengan giat, memohon anugerah kepada Allah agar diberi kecerdasan, kepandaian dan pengetahuan adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh orang yang beriman. Hal itu menunjukkan adab kita sebagai seseorang makhluk yang lemah dan tiada berkuasa apa-apa, kecuali dengan pertolongan dari-Nya. Adapun salah satu doa yang tepat untuk memohon kecerdasan dari Allah, adalah dengan membaca Surat Luqman ayat 27-28. Berikut bacaannya:

وَلَوۡ اَنَّ مَا فِى الۡاَرۡضِ مِنۡ شَجَرَةٍ اَقۡلَامٌ وَّالۡبَحۡرُ يَمُدُّهٗ مِنۡۢ بَعۡدِهٖ سَبۡعَةُ اَبۡحُرٍ مَّا نَفِدَتۡ كَلِمٰتُ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَٰحِدَةٍ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan dari Surat Luqman lengkap dengan keutamaan dan manfaatnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel