Surat Saba': Pokok Kandungan Manfaat dan Keutamaan

https://www.abusyuja.com/2020/11/surat-saba-pokok-kandungan-manfaat-dan-keutamaan.html
Adapun yang dimaksud dengan Saba' adalah kaum Saba', yakni nama suatu kabilah bangsa arab yang tinggal di daerah Yaman. Surat yang terdiri atas 54 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Luqman. Ia dinamakan Surat Saba' karena di dalamnya terdapat cerita kaum Saba', di mana dikisahkan bahwa kaum Saba' mendirikan kerajaan bernama Saba'iyyah, yang beribu kota di Ma'rib. Di kota itu, mereka pun telah berhasil membangun sebuah bendungan bernama bendungan Ma'rib, sehingga kerajaan mereka menjadi subur dan makmur.

Akan tetapi, anugerah itu tidak mereka syukuri, namun membuat mereka menjadi ingkar kepada Allah dan juga kepada seruan Rasul-Nya. Oleh karena itu, Allah menimpakan azab berupa banjir dengan bobolnya bendungan Ma'rib. Dan setelah bendungan itu kering, negeri itu pun menjadi hancur. Selain kisah itu, di dalamnya juga memuat kisah Nabi Daud dan Nabi Sulaiman.

Pokok Kandungan Surat Saba'

Adapun pokok kandungan dari Surat Saba' adalah sebagai berikut:

  1. Penegasan bahwa ilmu Allah meliputi segala hal yang ada di langit dan bumi;
  2. Nabi Muhammad Saw. adalah pemberi peringatan;
  3. Berhala yang disembah orang musyrik itu tidak pernah dapat memberi pertolongan apa pun;
  4. Pernyataan celaan terhadap kaum Musyrikin dan sikap mereka ketika mendengar Al-Qur'an;
  5. Para Rasul tidak meminta upa dalam melaksanakan dakwahnya;
  6. Orang-orang yang hidup berlebihan dan bertindak sewenang-wenang selalu memusuhi Nabi.

Fadhilah dan Khasiat dari Surat Saba'

Adapun keutamaan dan manfaat dari Surat Saba' adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah Saw. sebagai pengganti Injil.

Kedua, Surat Saba' dapat menjadi wasilah agar selamat dari berbagai macam bencana, atau untuk menyuburkan tanaman. Adapun caranya yaitu dengan membacanya secara istiqamah, Insya Allah keperluannya di atas dapat terkabul.

Ketiga, doa agar memperoleh rezeki yang berkah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Saba' ayat 39 secara konsisten, terutama setelah salat fardhu. Berikut bacaannya:

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Keempat, doa untuk melawan orang yang berbuat zalim kepada kita. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Saba' ayat 49-50 secara konsisten, terutama setelah mendirikan salat fardhu. Berikut bacaannya:

قُلْ جَاۤءَ الْحَقُّ وَمَا يُبْدِئُ الْبَاطِلُ وَمَا يُعِيْدُ

قُلْ اِنْ ضَلَلْتُ فَاِنَّمَآ اَضِلُّ عَلٰى نَفْسِيْۚ وَاِنِ اهْتَدَيْتُ فَبِمَا يُوْحِيْٓ اِلَيَّ رَبِّيْۗ اِنَّهٗ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Saba'. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel