Surat Ad-Dukhan: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaat

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-ad-dukhan-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Ad-Dukhan sendiri artinya adalah "kabut". Surat yang terdiri atas 59 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Az-Zukhruf. Ia dinamakan Ad-Dukhan karena merujuk pada lafaz dukhan yang terdapat pada ayat ke-40.

Menurut riwayat Imam Bukhari disebutkan bahwa orang-orang Makkah dalam menghalangi agama Islam dan menyakiti Nabi Muhammad Saw. sudah melewati batas, sehingga Rasulullah Saw. berdoa kepada Allah agar diturunkan azab sebagaimana azab yang diturunkan kepada kaum Nabi Yusuf, yakni kemarau panjang.

Doa Nabi itu pun dikabulkan, terjadilah kemarau panjang, hingga orang kafir hanya makan tulang belulang dan bangkai karena kelaparan. Mereka pun mendatangi Nabi dan memohon agar azab segera dihentikan. Nabi berdoa kepada Allah dan Allah pun mengabulkan doanya. Namun setelah hujan turun, dan kemarau berhenti, mereka kembali durhaka kepada Nabi. Oleh karena itu, orang-orang kafir itu akan diazab dengan azab yang pedih kelak di hari kiamat.

Pokok Kandungan Surat Ad-Dukhan

Adapun pokok kandungan dari Surat Ad-Dukhan adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan tentang dalil-dalil kenabian Muhammad Saw;
  2. Menceritakan huru-hara sebelum hari kiamat;
  3. Menjelaskan azab dan penderitaan yang diterima oleh orang-orang kafir;
  4. Menjelaskan nikmat-nikmat yang diberikan kepada orang-orang mukmin;
  5. Menceritakan kisah nabi Musa dengan Firaun dan kaumnya.

Fadhilah dan Khasiat Surat Ad-Dukhan

Adapun keutamaan dan khasiat dari Surat Ad-Dukhan adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah Saw., sebagai pengganti Injil.

Kedua, orang yang membacanya akan terselamatkan di hari kiamat, dihisab dengan mudah, dan menerima catatan amal dengan tangan kanan.

Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca Surat Ad-Dukhan, baik dalam salat fardhu maupun sunah, maka Allah akan membangkitkannya bersama orang-orang yang memperoleh keamanan pada hari kiamat di bawah 'arsy-Nya, ia akan dihisab dengan hisab yang sangat cepat dan akan menerima catatan amal perbuatan dengan tangan kanannya." (Tsawabul A'mal: 143)

Ketiga, orang yang membacanya akan memperoleh pahala memerdekakan seratus ribu budak.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Ad-Dukhan), maka ia akan memperoleh pahala setiap huruf darinya sebanyak memerdekakan seratus ribu budak..." (Tafsirul Burhan, Juz 7: 155)

Keempat, dapat dijadikan wasilah agar memeroleh ampunan dosa, terhindar dari gangguan setan, terlepas dari kesulitan, memperolah mimpi indah, serta memperoleh laba dalam perniagaan.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca (Surat Ad-Dukhan) setiap malam Jumat, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu. Barangsiapa yang menulisnya dan membawanya, maka ia terhindar dari godaan setan. Barangsiapa yang meletakkannya di bawah kepalanya, maka ia akan bermimpi indah, aman dari kerisauan. Dan jika orang yang sedang tertimpa kesulitan meminum airnya, maka ia akan terbebas saat itu juga. Dan ketika ia menulisnya akan memperoleh laba (keuntungan) dan hartanya cepat bertambah banyak." (Tafsirul Burhan, Juz 7: 15)

Kelima, dapat dijadikan wasilah atau doa ketika tertimpa musibah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Ad-Dukhan ayat 12. Berikut bacaannya:

رَبَّنَا اكْشِفْ عَنَّا الْعَذَابَ اِنَّا مُؤْمِنُوْنَ

Keenam, orang yang membacanya akan dibangunkan rumah di surga.

Abi Umamah berkata, Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ha mim Ad-Dukhan di malam Jumat, atau hari Jumat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga."

Ketujuh, dapat dijadikan wasilah atau doa agar memperoleh padangan hidup yang sedap dipandang mata.

Abu Rafi' berkata, "Barangsiapa yang membaca Surat Ad-Dukhan di malam Jumat, maka ia akan memperoleh ampunan dan (mendapatkan) pasangan hidup (suami/istri) yang sedap dipandang mata." 

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Ad-Dukhan. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel