Surat Al-Ahqaf: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaat

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-al-ahqaf-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Al-Ahqaf artinya adalah “bukit-bukit pasir”. Surat ini terdiri atas 35 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah Surat Jatsiyah. Ia dinamakan Surat Al-Ahqaf karena merujuk pada lafaz ahqaf yang terdapat dalam ayat 21.

Dalam ayat tersebut dan sesudahnya dijelaskan bahwa Nabi Hud telah menyampaikan risalah kepada kaumnya di Ahqaf, tetapi mereka tetap menolak dan mengingkari meskipun sebenarnya mereka juga telah diberi peringatan oleh Nabi-Nabi sebelumnya.

Akhirnya, Allah menimpakan azab kepada mereka berupa tiupan angin yang kencang. Kisah ini menjadi pesan dan peringatan bagi kaum-kaum Musyrik apabila mereka tidak mengikuti seruan Nabi Muhammad Saw.

Pokok Kandungan Surat Al-Ahqaf

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Ahqaf adalah sebagai berikut:

  • Menegaskan bahwa risalah Nabi Muhammad tidak hanya sebatas untuk umat manusia saja, namun juga untuk golongan jin;
  • Menjelaskan perintah untuk patuh kepada orang tua, memuliakan mereka, mengikuti dan mengerjakan apa yang diperintahkan mereka selama diridhai Allah;
  • Menjelaskan bahwa orang yang mementingkan kehidupan dunia saja akan merugi di akhirat kelak, serta menceritakan tentang kisah Nabi Hud dan kaumnya.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Ahqaf

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Ahqaf adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah Saw., sebagai pengganti Injil.

Kedua, orang yang membacanya akan terhindar dari kegelisahan hidup di dunia dan keguncangan hari kiamat.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Ahqaf setiap hari, atau setiap hari Jumat, maka Allah tidak akan menimpakan kesulitan hidup di dunia dan ia juga aman dari keguncangan (ketakutan) di hari kiamat, Insya Allah. (Tsawabul A’mal: 143)

Ketiga, dapat dijadikan wasilah atau doa agar anak-anak kita dijaga dari segala penyakit.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang menuliskannya (Surat Al-Ahqaf) dan mengalungkannya kepada anak kecil, atau menulisnya dan meminumkan airnya kepada anak tersebut, maka ia akan memiliki tubuh yang kuat, selamat dan sehat, serta mendapatkan kebahagiaan di dalam ayunan.” (Tafsirul Burhan, Juz 7: 184)

Keempat, dapat dijadikan wasilah atau doa agar dicintai banyak orang, dan obat untuk segala penyakit.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang menulisnya (Surat Al-Ahqaf) di dalam lembaran, membasuhnya dengan air zam-zam, dan meminumnya, maka ia akan dicintai oleh orang lain, perkataannya akan didengar, tidak ada suatu yang didengar kecuali perkataannya, dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Tulislah dan celupkan ke dalam air, lalu basuhkan airnya pada beberapa penyakit, maka penyakit itu akan sembuh karenanya, dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 7: 184)

Kelima, dapat dijadikan doa atau wasilah agar memperoleh nikmat dari Allah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Ahqaf ayat 15 secara terus menerus.

Keenam, dapat dijadikan doa atau wasilah agar terhindar dari kejahatan musuh dan dapat mengalahkannya. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Ahqaf ayat 21-25 secara rutin dan istiqamah.

Itulah penjelasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Ahqaf. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel