Surat Al-Mu'min: Pokok Kandungan, Keutamaan serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-al-mumin-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Al-Mu'min artinya "orang-orang yang beriman". Surat yang terdiri atas 85 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Az-Zumar. Mungkin anda bertanya, kenapa dinamakan Surat Al-Mu'min? Karena penamaan surat tersebut merujuk pada lafadz al-mu'min yang berada di ayat ke 28 dari surat ini, yang mana dijelaskan bahwa salah seorang dari kaum Firaun telah beriman kepada Nabi Musa secara sembunyi-sembunyi, yaitu setelah melihat dan menyaksikan langsung mukjizat yang dimiliki Nabi Musa as.

Selain itu, Surat Al-Mu'min juga memiliki nama lain, yaitu Surat Ghafir, yang artinya "yang mengampuni" karena merujuk pada lafadz ghafir yang terdapat pada ayat 3 dari surat ini. Pada ayat tersebut ada penegasan bahwa Allah adalah zat yang mengampuni dan menerima taubat hamba-hamba-Nya jika mereka benar-benar mau bertaubat kepada-Nya, dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan dosa lagi.

Surat Al-Mu'min juga memiliki sebutan lain, yaitu ath-Thaul yang artinya "yang mempunyai karunia" karena merujuk pada ayat ke 3 dari surat ini.

Pokok Kandungan Surat Al-Mu'min

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Mu'min adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan sifat-sifat malaikat yang memikul 'arsy;
  2. Menjelaskan dalil-dalil yang menunjukkan kekuasaan Allah Swt.;
  3. Menjelaskan kebesaran dan keagungan-Nya;
  4. Menegaskan bahwa ilmu Allah meliputi segala hal;
  5. Menjelaskan tentang bukti-bukti tentang adanya hari kebangkitan;
  6. Menceritakan kisah Nabi Musa dengan Firaun;
  7. Menceritakan tentang golongan orang kafir yang meminta supaya dikeluarkan dari neraka;
  8. Peringatan terhadap kaum musyrik terhadap kedahsyatan hari kiamat;
  9. Menjelaskan nikmat-nikmat Allah yang terdapat di daratan dan lautan;
  10. Menceritakan janji Rasulullah Saw. kepada orang-orang yang beriman akan menang terhadap para musuhnya.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Mu'min

Adapun khasiat dan fadhilah dari Surat Al-Mu'min adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah sebagai pengganti Injil.

Kedua, orang yang membacanya secara istiqamah akan mendapatkan anugerah seperti orang-orang yang takut kepada Allah di dunia. Dan bisa dijadikan sebagai wasilah doa agar kebun dan sawah menjadi subur, atau toko dagangan (bisnis) menjadi ramai (bi iznillah).

Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Mu'min), maka Allah tidak akan memutuskan harapannya di hari kiamat, Dia akan memberinya hal yang diberikan kepada orang-orang yang takut kepada Allah di dunia. Dan barangsiapa yang menulisnya dan menggantungkannya pada tembok kebun, maka kebun itu akan subur dan tumbuh. Dan jika dituliskan pada toko, maka banyak kebaikan di dalamnya dan banyak pula transaksi jual-belinya." (Tafsirul Burhan, Juz7: 5)

Ketiga, memperoleh pengampunan dari Allah. Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca ha mim Al-Mu'min (Ghafir) di setiap malam, maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya, baik yang lalu maupun yang akan datang. Dia akan meneguhkan kalimat takwa (di dalam hatinya), dan menjadikan akhirat lebih baik untuknya daripada dunia." (Tsawabul A'mal: 142)

Keempat, memperoleh karunia dari Allah di hari kiamat dan memperoleh kebaikan dalam berkebun dan berdagang.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Mu'min),  maka Allah tidak akan memutuskan harapannya nanti di hari kiamat. Dia akan memberikan karunia yang diberikan kepada orang-orang yang takut kepada Allah di dunia. Dan barangsiapa yang menuliskannya lalu menggantungkannya di tembok kebun, maka kebun itu akan tumbuh subur (tentunya atas izin Allah), dan jika ditulis di kedai atau toko, maka ia akan dipenuhi kebaikan dan kebanyakan transaksi jual beli.(Tafsirul Burhan, Juz7: 5)

Kelima, meringankan dan mengobati mata. Adapun caranya yaitu dengan membaca dari surat Al-Mu'min ayat 44 di hadapan orang yang sakit mata, namun lebih bagus lagi jika yang menderita sakit mata sendirilah yang membacanya. Insya Allah akan memberikan kesembuhan. Berikut bacaannya :

فَسَتَذْكُرُونَ مَآ أَقُولُ لَكُمْ ۚ وَأُفَوِّضُ أَمْرِىٓ إِلَى ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَصِيرٌۢ بِٱلْعِبَادِ

Itulah tadi pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Mu'min. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel