Surat Asy-Syura: Pokok Kandungan, Keutamaan, Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-asy-syura-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Asy-Syura sendiri artinya adalah “musyawarah”. Surat yang terdiri atas 53 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah (surat yang diturunkan di kota Makkah), dan turun setelah Surat Fushshilat. Ia dinamakan Surat Asy-Syura karena merujuk pada lafaz Asy-Syura yang ada pada ayat ke 38 surat ini.

Dalam ayat tersebut diletakkan salah satu dasar-dasar pemerintahan Islam, yaitu musyawarah. Selain nama tersebut, Surat Asy-Syura juga disebut dengan Surat “Ha Mim ‘Ain Sin Qaf”, karena surat ini di awali dengan lafaz-lafaz tersebut.

Pokok Kandungan Surat Asy-Syura

Adapun pokok kandungan dari Surat Asy-Syura adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan bahwa Allah memberi rezeki kepada hamba-hamba-Nya sesuai dengan kadar kemaslahatan mereka dan sesuai hikmah dan ilmu-Nya;
  2. Menjelaskan cara-cara Allah menyampaikan perkataan-Nya kepada manusia;
  3. Menjelaskan bahwa pokok-pokok agama yang dibawa para Rasul semuanya adalah sama;
  4. Menceritakan keadaan orang-orang kafir dan orang-orang mukmin di akhirat nanti;
  5. Menjelaskan tentang satu hikmah bahwa memberi ampunan itu lebih baik dari pada membalas, dan membalas tidak boleh melampaui batas;
  6. Menjelaskan bahwa kewajiban Rasul hanyalah menyampaikan risalah Allah Swt.

Keutamaan dan Manfaat Surat Asy-Syura

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Asy-Syura adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah Saw., sebagai pengganti Injil.

Kedua, orang yang membacanya akan memperoleh doa dari malaikat dan sebagai obat sakit mata.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka para malaikat akan berdoa untuknya, mengasihinya setelah mati. Dan barangsiapa yang menuliskan surat ini dengan air hujan, dan mengucurkannya ada celak, dan bila seorang menggunakan celak itu pada matanya, maka segala penyakit matanya akan hilang dengan izin Allah.(Tsawabul A’mal: 142)

Ketiga, bisa digunakan untuk wasilah atau doa agar diselamatkan saat melakukan perjalanan.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang menuliskannya dan menggantungkannya (membawanya), maka ia akan aman dari gangguan orang lain. Dan barangsiapa yang meminumnya (yakni menuliskan di suatu wadah, atau kertas lalu diberi air), maka ia akan aman dalam perjalanannya.” (Tafsirul Burhan, juz 7: 63)

Keempat, bisa dijadikan wasilah atau doa ketika tertimpa suatu masalah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Asy-Syura ayat 15 secara rutin dan Istiqamah. Berikut bacaannya:

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-asy-syura-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html

Kelima, bisa dijadikan wasilah atau doa agar hajat kita terkabul, dan memperolah rezeki yang berkah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Asy-Syura ayat 19 secara rutin dan Istiqamah. Berikut bacaannya:

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-asy-syura-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html

Keenam, bisa dijadikan obat untuk menenangkan hati.

Bagi seseorang yang tengah dilema, gelisah, dan gundah-gulana, maka ada baiknya baginya untuk membaca Surat Asy-Syura ayat 52-53 secara rutin. Insya Allah, ia akan memeroleh ketenangan hati. Berikut bacaannya:

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-asy-syura-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-asy-syura-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan, serta manfaat dari Surat Asy-Syura. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel