Surat Az-Zukhruf: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2020/12/surat-az-zukhruf-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Az-Zuhkruf artinya adalah “perhiasan”, surat yang terdiri atas 89 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah (surat yang diturunkan di kota Makkah) dan turun setelah Surat Asy-Syura. Ia dinamakan Surat Az-Zukhruf karena merujuk pada lafaz az-zukhruf yang terdapat pada ayat ke-35 dari surat ini.

Di dalam surat ini disebutkan bahwa orang musyrik menghitung tinggi rendah derajat seseorang berdasarkan perhiasan dan harta benda yang ia punya. Sehingga Nabi Muhammad Saw. yang seorang yatim dan miskin dianggap tidak pantas sebagai nabi.

Di dalam surat ini juga menegaskan bahwa harta benda tidak dapat dijadikan tolak ukur tinggi rendahnya derajat seseorang, karena harta itu hanya perhiasan hidup di dunia, dan bukanlah kesenangan di akhirat.

Pokok Kandungan Surat Az-Zukhruf

Adapun pokok kandungan dari Surat Az-Zukhruf adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan bahwa Al-Qur’an berasal dari lauhul-mahfuz;
  2. Menegaskan bahwa Nabi Isa adalah hamba Allah;
  3. Menegaskan bahwa Tuhan tidak memiliki anak;
  4. Menjelaskan perintah Tuhan kepada Nabi Muhammad Saw. supaya menjauhi orang-orang yang tidak beriman;
  5. Menceritakan kisah Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, sebagai perbandingan bagi Nabi dan sebagai penawar di saat dalam kesulitan.

Keutamaan dan Manfaat Surat Az-Zukhruf

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Az-Zukhruf adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah Saw. sebagai pengganti Injil.

Kedua, orang yang membacanya secara Istiqamah akan dilindungi dari himpitan kubur.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa membaca (secara istikamah) surah ha mim Az-Zuhruf, maka Allah akan menjaganya di dalam kubur dari (gigitan) binatang-binatang tanah, himpitan kubur, hingga ia berdiri di hadapan Allah azza wa jalla, maka surat itu datang kepadanya dan membawanya masuk ke dalam surga atas perintah Allah tabaraklallahu ta’ala.” (Tsawabul A’mal: 143)

Ketiga, doa memohon perlindungan untuk orang yang sedang hamil dan memudahkan proses kelahiran.

Di dalam kitab Al-Mishbah disebutkan bahwa barangsiapa yang meminumkan (air yang dibacakan Surat Az-Zukhruf) kepada seorang istri yang durhaka, maka ia akan menjadi patuh. Airnya bermanfaat menaga janin yang berada di perut dan memudahkannya keluar, kehamilannya aman dari segala keburukan. Jika tulisan surat ini diletakkan di bawah kepala orang yang tidur, maka ia tidak akan bermimpi kecuali yang baik. Wallahu A’lam

Keempat, doa agar memperoleh kesabaran ketika tertimpa musibah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Az-Zukhruf ayat 68-73 secara istiqamah. Berikut bacaannya:

يٰعِبَادِ لَاخَوْفٌ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَ وَلَآ اَنْتُمْ تَحْزَنُوْنَۚ

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاٰيٰتِنَا وَكَانُوْا مُسْلِمِيْنَۚ

اُدْخُلُوا الْجَنَّةَ اَنْتُمْ وَاَزْوَاجُكُمْ تُحْبَرُوْنَ

يُطَافُ عَلَيْهِمْ بِصِحَافٍ مِّنْ ذَهَبٍ وَّاَكْوَابٍ ۚوَفِيْهَا مَا تَشْتَهِيْهِ الْاَنْفُسُ وَتَلَذُّ الْاَعْيُنُ ۚوَاَنْتُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَۚ

وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِيْٓ اُوْرِثْتُمُوْهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

لَكُمْ فِيْهَا فَاكِهَةٌ كَثِيْرَةٌ مِّنْهَا تَأْكُلُوْنَ

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Az-Zukhruf. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel