Dahsyat! Inilah Keistimewaan-Keistimewaan Al-Qur’an

https://www.abusyuja.com/2021/01/dahsyat-inilah-keistimewaan.html
Al-Qur’an diturunkan Allah sebagai pedoman untuk umat, petunjuk bagi makhluk, dan menjadi bukti akan kebenaran Rasul, juga sebagai bukti atas kenabian dan kerasulan Muhammad, serta menjadi hujjah yang kuat pada hari pembalasan (jari kiamat).

Al-Qur’an memiliki keistimewaan mulia jika dibandingkan dengan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Sesuai judul di atas, berikut kami paparkan mengenai keistimewaan-keistimewaan Al-Qur’an:

1. Memberikan pedoman dan petunjuk hidup secara keseluruhan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat.

Al-Qur’an menjadi pegangan hidup manusia, baik yang menyangkut urusan dunia maupun urusan akhirat. Dalam Al-Qur’an ada banyak ayat yang menjelaskan bagaimana hidup dalam masyarakat, bagaimana berhubungan dengan komunitas masyarakat, dan toleransi beragama.

Tidak hanya itu, Al-Qur’an juga mengajarkan agar kehidupan di dunia ini menjadi wasilah atau jalan menuju kehidupan yang lebih abadi, yakni kehidupan akhirat. Dengan kata lain, kita harus ada keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat.

2. Dapat memengaruhi manusia yang membaca atau yang mendengar, sehingga orang yang beriman akan menjadi bertambah imannya, dan yang belum beriman pun akan masuk Islam karenanya.

Ketika orang yang beriman mendengar bacaan Al-Qur’an, hati mereka akan bergetar dan semakin menambah iman mereka. Al-Qur’an memberikan pengaruh bagi jiwa yang haus akan kebenaran Islam.

Misalnya, kisah masuk Islamnya Umar bin Khattab, orang yang paling ditakuti oleh semua kabilah. Namun, berkat hidayah Allah melalui kalam-Nya, ia bersimpuh di depan adiknya, lalu menjadi pembela agama Islam.

3. Seruan atau petunjuk yang terdapat dalam kitab-kitab samawi terbatas pada saat kitab itu diturunkan, sedangkan petunjuk dan seruan Al-Qur’an tidak terbatas pada saat diturunkan, namun mencakup semua kebutuhan umat manusia sampai pada hari kiamat kelak.

Kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad sifatnya hanyalah "lokal“. Dengan kata lain, ketika penyampaian risalah (Rasul) wafat, maka hukum yang ada di dalam kitab tersebut tidak lagi berlaku. Berbeda dengan Al-Qur’an yang menjadi petunjuk kepada semua umat manusia sampai akhir zaman nanti.

4. Menyamakan manusia tanpa perbedaan kelas, golongan, dan lainnya. Hal yang menentukan perbedaan di mata Allah hanyalah ketakwaan.

Allah tidak melihat kecantikan, ketampanan, bentuk tubuh, ataupun jabatan. Tapi, Allah hanya menilai dari sisi ketakwaannya. Ketika hidup di dunia, kita harus mempersiapkan bekal untuk kehidupan yang lebih kekal dan abadi, yakni kehidupan akhirat dan sebaik-baiknya bekal menuju ke sana adalah ketakwaan.

Allah berfirman,  “Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baiknya bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku...”(QS. Al-Baqarah: 197)

Ibnu Katsir menafsirkan ayat di atas dengan mengatakan bahwa tatkala Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk memilih dan mengambil perbekalan di dunia, maka Allah menunjukkan bekal menuju akhirat kepadanya, yakni takwa kepada Allah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai keistimewaan-keistimewaan Al-Qur’an. Tentunya masih ada banyak lagi mengenai keistimewaan-keistimewaan Al-Qur'an yang tidak dapat kami sebut karena kami menyadari mengenai keterbatasan keilmuan manusia tidaklah sebanding dengan kebesaran Al-Qur'an. Tetapi meski sedikit, semoga pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel