Macam-Macam Ukhuwah Nahdliyah Beserta Contohnya

https://www.abusyuja.com/2021/01/macam-macam-ukhuwah-nahdliyah-beserta-contohnya.html
Ukhuwah Nahdliyah – Secara etimologi, Ukhuwah Nahdliyah berasal dari dua kata bahasa Arab, yaitu “Ukhuwah” yang artinya persaudaraan dan “Nahdliyah” yang artinya perspektif kelompok NU. Sesuai judul di atas, kami akan mengulas sedikit mengenai pengertian Ukhuwah Nahdliyah beserta macam-macam dan contohnya. Berikut penjelasannya:

Pengertian Ukhuwah Nahdliyah

Dari segi bahasa, Ukhuwah Nahdliyah adalah persaudaraan yang ditinjau dari perspektif kelompok NU. Sedangkan secara istilah, Ukhuwah Nahdliyah adalah formulasi sikap persaudaraan, kerukunan, persaudaraan, dan solidaritas yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain atau satu kelompok pada kelompok lain dalam interaksi sosial yang menjunjung tinggi nilai agama, tradisi dan sejarah bangsa yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip Ahlussunnah Wal Jamaah.

Kesejatian Ukhuwah Nahdliyah akan semakin meneguhkan dan meningkatkan kualitas kaum Nahdiyin serta makin meningkatkan kontribusi terbaiknya dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Macam-Macam Ukhuwah Nahdliyah

Adapun Ukhuwah Nahdliyah itu terbagi menjadi 3 macam akar konsep, yaitu Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Insaniyah. Berikut penjelasannya:

1. Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah Islamiyah adalah upaya menumbuh kembangkan persaudaraan dengan berlandaskan kepada kesamaan akidah atau agama. Karena itu bentuk persaudaraan ini tidak dibatasi oleh wilayah, kebangsaan atau ras.

Seluruh umat Islam di seluruh dunia adalah saudara. Tata hubungan dalam Ukhuwah (persaudaraan) seluruh dunia adalah saudara. Tata hubungan dalam Ukhuwah Islamiyah menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Puncak dari Ukhuwah Islamiyah adalah tumbuhnya persaudaraan hakiki yang stabil dan sepanjang masa.

Contoh Ukhuwah Islamiyah adalah pembentukan aliansi ulama-ulama Islam sedunia seperti Persatuan Ulama Muslim Internasional (PUMI), yang mana salah satu tujuannya adalah untuk menjaga Ukhuwah (persaudaraan) umat Islam sedunia.

2. Ukhuwah Wathaniyah

Ukhuwah Wathaniyah adalah persaudaraan antar sesama bangsa. Pada diri manusia perlu ditumbuhkan persaudaraan yang berdasarkan atas kesadaran berbangsa dan bernegara.

Seluruh bangsa Indonesia adalah saudara se-Tanah Air. Tata hubungan dalam Ukhuwah Wathaniyah menyangkut hal-hal yang bersifat universal. Seluruh manusia di dunia merupakan spirit bagi kesejahteraan kehidupan bersama serta instrumen penting bagi proses kesadaran sebuah bangsa dalam mewujudkan kesamaan derajat dan tanggung jawab.

Contoh kecil Ukhuwah Wathaniyah adalah pembentukan PBB yang salah satu tujuannya adalah menjaga Ukhuwah antar bangsa-bangsa serta menjaga kedamaian mereka.

3. Ukhuwah Insaniyah

Ukhuwah Insaniyah adalah persaudaraan sesama umat manusia. Manusia mempunyai motivasi dalam menciptakan iklim persaudaraan hakiki yang tumbuh dan berkembang atas dasar rasa kemanusiaan yang bersifat universal.

Seluruh umat manusia di dunia adalah saudara. Tata hubungan dalam Ukhuwah Insaniyah menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan martabat kemanusiaan untuk mencapai hidup yang sejahtera, adil, dan damai. Ukhuwah Insaniyah bersifat solidaritas kemanusiaan.

Contoh Ukhuwah Insaniyah adalah pembentukan lembaga sosial yang memfokuskan programnya untuk saudara-saudara yang sedang mengalami musibah, baik sekala nasional maupun sekala internasional seperti lembaga sosial untuk penggalangan dana Palestina, Uganda, Afika, dan lain sebagainya.

Itulah tiga macam Ukhuwah yang sampai sekarang menjadi akar prinsip warga NU. Karena itu, bagi kaum Nahdiyin, secara teoritik maupun doktrinal, prinsip ini telah diyakini sebagai keniscayaan hidup.

Jika nilai Ukhuwah tidak tampak di permukaan, berarti ada faktor luar yang menghambat dan hal itu dapat terjadi pada kelompok mana pun, seperti pola pikir sempit, fanatisme buta, sektarian, rendahnya intensitas silaturahmi dan dialog terbuka, degradasi moral dan minimnya keteladanan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian Ukhuwah Nahdliyah beserta macam-macamnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel