Mengenal Ukhuwah Wathaniyah dan Insaniyah (Basyariyah)

https://www.abusyuja.com/2021/01/mengenal-ukhuwah-wathaniyah-dan-insaniyah-basyariyah.html
Pada kesempatan kali ini, kita akan menelaah sedikit mengenai dua nilai luhur yang harus dicerminkan oleh golongan Ahlussunnah Wal Jamaah, yaitu Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Insaniyah atau juga disebut sebagai Ukhuwah Basyariyah. Berikut penjelasannya:

Ukhuwah Wathaniyah

Ukhuwah Wathaniyah yaitu  persaudaraan antar sesama bangsa. Pada diri manusia perlu ditumbuhkan bersaudara yang berdasarkan atas kesadaran berbangsa dan bernegara. Seluruh bangsa Indonesia adalah saudara setanah air. Tata hubungan Ukhuwah Wathaniyah menyangkut hal-hal yang bersifat sosial budaya. Ukhuwah Wathaniyah merupakan spirit bagi kesejahteraan kehidupan bersama, serta instrumen penting bagi proses kesadaran sebuah bangsa dalam mewujudkan kesamaan derajat dan tanggung jawab.

Ukhuwah Wathaniyah memiliki makna persaudaraan atau kerukunan dalam bangsa dan negara. Seperti namanya, perwujudan Ukhuwah Wathaniyah berarti perwujudan kerukunan dalam masyarakat sebangsa dan setanah air. Dari situ kita mengetahui bahwa ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebab, apabila kita membicarakan skala atau ukuran, jelas sekali skala untuk bisa mewujudkan Ukhuwah Wathaniyah butuh kerjasama dari banyak pihak, mencakup para petinggi negara hingga masyarakat biasa.

Namun untuk mencapai sesuatu yang besar, kita tidak boleh lupa bahwa kita dapat dan harus memulainya dari sesuatu yang kecil dulu. Misalnya, menjaga Ukhuwah antara anggota keluarga hingga antara organisasi masyarakat serta antar pemuka agama. Apabila semua elemen dari suatu negara dapat menjaga Ukhuwah masing-masing serta membangun Ukhuwah yang kuat dengan elemen-elemen lainnya, niscaya perwujudan Ukhuwah Wathaniyah bukan hanya  lagi sebuah mimpi belaka.

Contoh dari penerapan konsep Ukhuwah dalam sekala kecil adalah menjaga persatuan dan kerukunan di lingkungan kita, seperti menjaga kerukunan antar keluarga, tetangga, organisasi-organisasi masyarakat, dan lain sebagainya. Dengan memulainya dari sekala kecil, maka impian mewujudkan Ukhuwah Wathaniyah yang merupakan gagasan berskala besar pun tidak muhal untuk dapat dicapai.

Ukhuwah Insaniyah/Basyariyah

Ukhuwah Insaniyah adalah persaudaraan antar sesama manusia secara keseluruhan, tanpa memandang suku, agama, ras dan sebagainya. Dari satu sudut pandang ini bisa dilihat bahwa Ukhuwah Insaniyah memiliki skala yang jauh lebih besar daripada Ukhuwah Wathaniyah yang hanya melingkupi suatu negara negara saja.

Namun apabila kita melihatnya dari sisi lain, Ukhuwah Insaniyah bisa saja menjadi lebih sederhana. Sebab, dalam konteks Ukhuwah Insaniyah, persaudaraan antar dua manusia pun sudah termasuk di dalamnya, sehingga bisa  kita simpulkan bahwa sesungguhnya Ukhuwah Insaniyah ini tidak memiliki batas pasti, yang memiliki implikasi bahwa persaudaraan dapat dan harus kita jalin dengan setiap manusia tanpa ada batasan-batasan yang menghalanginya.

Manusia mempunyai motivasi dalam menciptakan iklim peredaran hakiki yang tumbuh dan berkembang atas dasar rasa kemanusiaan yang bersifat universal. Seluruh manusia di dunia adalah saudara. Tata hubungan dalam Ukhuwah Insaniyah  menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan martabat kemanusiaan untuk mencapai kehidupan yang sejahtera, adil dan damai.

Ukhuwah Islamiyah dan Wathaniyah merupakan dua sikap yang saling membutuhkan dan saling mendukung. Keduanya harus diupayakan keberadaannya secara serentak dan tidak dipertentangkan antara satu dengan yang lainnya.

Sikap hubungan antara persaudaraan Islam ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah Wathaniyah adalah:

  • Akomodif, dalam arti ada kesediaan untuk saling memahami pendapat, aspirasi dan kepentingan satu dengan yang lain.
  • Selektif, dalam arti ada sikap kritis untuk menganalisis dan memilih terbaik dan yang lebih memberi maslahat serta memberi manfaat dari beberapa alternatif yang ada.
  • Integratif, dalam arti ada kesediaan untuk menyesuaikan dan menyelenggarakan berbagai macam kepentingan dan aspirasi tersebut secara benar, adil dan proporsional.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Insaniyah atau Ukhuwah Basyariyah. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel