Surat Al-Qamar: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2021/01/surat-al-qamar-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat..html
Al-Qamar artinya “bulan”. Surat ini terdiri atas 55 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah, dan diturunkan sesudah surat Ath-Thur. Ia dimberi nama Surat Al-Qamar karena merujuk pada lafaz al-qamar yang terdapat pada ayat pertama. Pada ayat ini menjelaskan tentang terbelahnya bulan sebagai mukjizat Nabi Muhammad Saw.

Pokok Kandungan Surat Al-Qamar

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Qamar adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan bahwa semua yang ada di alam semesta ini sudah menjadi ketetapan (takdir) Allah;
  2. Menegaskan bahwa kehendak Allah pasti terjadi;
  3. Apapun yang diperbuat oleh makhluk dicatat oleh malaikat;
  4. Orang-orang kafir akan dikumpulkan di akhirat dalam keadaan terhina dan akan menerima balasan setimpal;
  5. Menjelaskan hinaan terhadap orang-orang yang tidak memperhatikan Al-Qur’an:
  6. Menceritakan kisah-kisah kaum yang mendustakan para rasul di masa lalu, seperti kaum Nabi Nuh, kaum Tsamud, dan Firaun.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Qamar

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Qamar adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keutamaan dibanding nabi-nabi yang lain.

Kedua, pembacanya akan keluar dari kubur dengan menaiki unta dari surga.

Rasulullah Saw. telah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat iqtarabatis-sa’ah (Al-Qamar), maka Allah akan mengeluarkannya dari kuburnya dengan menaiki unta dari surga.” (Tsawabul A’mal: 145)

Ketiga, pembacanya akan bangkit dengan wajah seperti bulan purnama di hari kiamat.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qamar), maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat dengan wajah laksana bulan di malam purnama, berpancar di muka para makhluk. Barangsiapa yang membaca setiap malam, maka itu lebih utama dan barangsiapa yang menulisnya di hari Jumat waktu salat Zuhur (salat Jumat), lalu meletakannya di sorbannya, atau menjadikannya kalung, maka tujuan dan apa pun yang diinginkannya dapat tercapai.” (Tafsirul Burhan, Juz 7: 367)

Keempat, dapat menjadi wasilah atau doa agar menjadi pusat perhatian dan dicintai oleh masyarakat.

Rasulullah Saw. telah bersabda, “Barangsiapa yang menulisnya ( Surat Al-Qamar) di hari Jumat ketika waktu zuhur dan menggantungkan di sorbannya, atau mengalungkannya, maka ia akan diperhatikan dan dicintai orang lain.(Tafsirul Burhan, Juz 7: 367)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan, serta manfaat dari Surat Al-Qamar. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel