Surat Muhammad: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2021/01/surat-muhammad-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Surat Muhammad terdiri atas 38 ayat dan termasuk dalam salah satu golongan surat Makkiyyah. Surat Muhammad diturunkan setelah Surat Al-Hadid, ia dinamakan Surat Muhammad karena merujuk pada pengambilan lafaz “Muhammad” yang terdapat pada ayat 2 dalam surat ini.

Pada ayat 1,2, dan 3, Allah membandingkan hasil yang diperoleh oleh orang-orang yang beriman kepada Nabi Muhammad Saw. dan orang-orang yang mendustakannya.

Adapun orang-orang yang percaya kepada risalah Nabi Muhammad Saw., maka mereka akan diampuni kesalahannya, menerima haknya dan diterima amal ibadahnya. Sedangkan orang-orang yang mendustakan Nabi Muhammad., maka mereka adalah orang-orang yang batil, tidak diterima amalnya, dosa mereka tidak diampuni, dan mendapatkan azab yang pedih kelak di akhirat.

Selain Surat Muhammad, surat ini juga dinamai dengan Surat Al-Qital yang artinya adalah “peperangan”, karena sebagian besar surat ini menjelaskan tentang peperangan dan hukum-hukumnya, serta bagaimana sikap-sikap sebenarnya seorang mukmin terhadap orang kafir.

Pokok Kandungan Surat Muhammad

Adapun pokok kandungan dari Surat Muhammad adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan bahwa orang-orang yang mati syahid akan masuk surga;
  2. Menjelaskan bahwa Allah senantiasa memberi cobaan kepada orang-orang mukmin;
  3. Menjelaskan kehidupan di dunia ini adalah permainan belaka, sedangkan iman dan takwalah yang akan menghasilkan pahala;
  4. Menegaskan bahwa Allah akan menolong orang-orang yang menolong agama-Nya.

Keutamaan dan Manfaat dari Surat Muhammad

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Muhammad adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah Saw., sebagai pengganti Injil;

Kedua, orang yang mengamalkannya akan dihindarkan dari segala kesulitan selama hidupnya, selamat dari keraguan dan kekafiran, serta memperoleh perlindungan Allah dan Nabi Muhammad Saw.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat alladzina kafaru- Surat Muhammad- maka ia tidak akan tertimpa kesulitan selamanya, Allah tidak mengujinya dengan kefakiran selamanya, tidak takut dengan penguasa selamanya, senantiasa dijaga dari keraguan dan kefakiran selamanya hingga ia meninggal. Lalu ketika ia meninggal, maka Allah memerintahkan seribu malaikat membaca shalawat di dalam kuburnya, dan menjadikan pahala selawat itu untuk dirinya. Para malaikat itu akan menemaninya hingga mereka menghadapkannya di tempat yang aman di sisi Allah, dan ia berada dalam perlindungan Allah dan perlindunganku.(Tsawabul A’mal: 144)

Ketiga, dapat dijadikan doa atau wasilah agar berjumpa dengan Rasulullah Saw., memperoleh minuman dari telaga surga, serta terlindungi dari segala penyakit.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Muhammad), maka wajahnya tidak akan menghadap kecuali kepadaku. Ketika keluar dari kuburan, Allah akan memberinya minuman dari Telaga Surga. Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya, maka ia akan aman dari segala yang ditakutinya berkat surat ini, baik dalam tidur maupun ketika terjaga.” 

Keempat, dapat dijadikan wasilah atau doa agar dapat mengalahkan musuh. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Muhammad ayat 8-9 secara rutin dan istiqamah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Muhammad. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel