Surat Qaf: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2021/01/surat-qaf-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Surat Qaf terdiri atas 45 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Al-Mursalat. Surat ini dinamakan Qaf, karena merujuk pada huruf hijaiah qaf yang terdapat pada permulaan surat.

Menurut hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, bahwasanya Rasulullah Saw. suka membaca surat ini pada rakaat pertama shalat Subuh dan pada shalat haru raya.

Sedangkan menurut riwayat Abu Dawud, Al-Baihaqi, dan Ibnu Majah, disebutkan bahwa Rasulullah Saw. membaca surat ini setiap kali berkhotbah Jumat.

Berdasarkan kedua riwayat ini, dapat memperoleh kesimpulan bahwa Rasulullah Saw. suka membaca surat ini di tempat-tempat umum dan pada acara besar, tujuannya adalah untuk memperingatkan umat manusia tentang nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada mereka, hari kiamat, hisab, surga, neraka, pahala, dosa, dan sebagainya.

Surat ini juga dinamakan Surat Al-Basiqat, diambil dari lafaz al-basiqat yang terdapat pada ayat.

Pokok Kandungan Surat Qaf

Adapun pokok kandungan dari Surat Qaf adalah sebagai berikut:

  1. Menceritakan bahwa kelak setiap manusia akan hadi di padang Mahsyar bersama dua malaikat, di mana satu malaikat sebagai pengiringnya dan satu lagi sebagai saksi atas segala perbuatannya di dunia;
  2. Menjelaskan bahwa Allah lebih dekat dengan manusia daripada urat leher mereka sendiri;
  3. Menceritakan bahwa manusia dibangkitkan dari alam kubur bagaikan tanah kering yang disiram hujan menjadi hidup kembali;
  4. Menjelaskan anjuran memperhatikan kejadian-kejadian langit dan bumi;
  5. Menjelaskan bahwa Allah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa;
  6. Menceritakan keingkaran orang-orang musyrik terhadap kenabian dan hari kebangkitan;
  7. Menjelaskan bahwa Al-Qur’an sebagai peringatan bagi orang-orang yang takut kepada ancaman Allah.

Keutamaan dan Manfaat Surat Qaf

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Qaf adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk dalam Al-Mufashshal, yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi lainnya.

Watsilah bin Al-Asqa’ berkata, Rasulullah Saw, bersabda, “Telah diturunkan kepadaku As-Sab’uth-Thiwal sebagai ganti Taurat, diturunkan kepadaku Al-Ma’in sebagai ganti Zabur, diturunkan kepadaku Al-Matsani sebagai pengganti Injil, dan aku diberi tambahan dengan Al-Mufashshal.(HR. Ahmad:IV/107)

Kedua, dapat dijadikan wasilah atau doa agar memperoleh banyak rezeki, menerima buku catatan amal dengan tangan kanan, dan dihisab dengan ringan.

Nabi Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Qaf) secara istiqamah di dalam salatnya, baik shalat fardu maupun sunah, maka Allah akan meluaskan rezekinya, Allah akan memberikan buku catatan amal perbuatannya dengan menggunakan tangan kanannya, dan akan menghisabnya dengan hisab yang ringan (mudah).” (Tsawabul A’mal: 144)

Ketiga, dapat dijadikan doa atau wasilah agar dipermudah dan terjaga dari setan ketika sakaratul maut.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Qaf), maka Allah akan mempermudah sakaratul mautnya, dan barangsiapa yang menulisnya lalu meletakkannya pada orang yang sedang pingsan, maka ia akan tersadar dari pingsannya dan terlindungi dari setan yang menggodanya. Dan jika surat ini ditulis (di atas kertas, lalu dimasukkan ke dalam wadah berisi air) dan airnya diminumkan kepada seorang wanita yang memiliki sedikit air susu, maka air susunya dapat menjadi banyak.(Tafsirul Burhan, Juz7: 277)

Keempat, dapat dijadikan wasilah atau doa untuk menyuburkan tanaman. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Qaf ayat 1-11 secara istiqamah, baik di dalam salat maupun di luar salat. Insya Allah, atas izin Allah, tanaman yang kita hajatkan akan disuburkan oleh-Nya.

Kelima, dapat dijadikan wasilah atau doa untuk menghilangkan ketakutan, kesedihan, sakit perut dan mulut.

Di dalam kitab Al-Misbah disebutkan bahwa barangsiapa yang menulisnya pada lembaran kertas, dan mencelupnya ke dalam air hujan, lalu orang yang takut, orang yang sedih, dan orang yang sakit perut dan mulut meminumnya, maka rasa sakit itu semua akan hilang. Dan jika airnya dibasuhkan ke mulut anak kecil, maka giginya akan tumbuh dengan tanpa rasa sakit. (Al-Misbah lil Kafami: 611)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Qaf. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel