Surat Al-Hasyr: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2021/02/surat-al-hasyr-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Al-Hasyr artinya “pengusiran”. Surat ini terdiri atas 24 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-Bayyinah. Ia dinamakan Surat Al-Hasyr, karena merujuk pada lafaz al-hasyr yang terdapat pada ayat kedua. Di dalam surat ini disebutkan tentang pengusiran Nabi Nadhir, yakni salah satu suku Yahudi di Makkah.

Pokok Kandungan Surat Al-Hasyr

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Hasyr adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan bahwa segala sesuatu yang ada di langit dan bumi bertasbih memuji Allah;
  2. Allah memiliki nama-nama agung yang disebut asma’ul husna;
  3. Menjelaskan bahwa Allah pasti mengalahkan musuh-musuh rusul-Nya;
  4. Menjelaskan keagungan Al-Qur’an dan ketinggian martabatnya;
  5. Menjelaskan beberapa sifat orang munafik;
  6. Menjelaskan perintah bertakwa dan menyiapkan bekal untuk kehidupan akhirat.

Fadhilah dan Khasiat Surat Al-Hasyr

Adapun keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Hasyr adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, segala sesuatu di alam semesta akan berdoa dan memohonkan ampunan untuk pembacanya.

Ubay bin Ka’ab berkata bahwa Nabi pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Hasyr, maka tiada surga, neraka, ‘arsy kursy, hijab, langit tujuh, bumi tujuh, udara, angin, burung, pohon, gunung-gunung, matahari, bulan dan malaikat, kecuali berdoa dan memohonkan ampun untuknya. Dan jika ia meninggal pada hari itu, atau malamnya (waktu ketika ia membaca surat ini), maka ia meninggal dengan syahid.” (Tsawabul A’mal: 147)

Ketiga, pembacanya termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung dan dijauhan dari bala, dan hajatnya akan dikabulkan oleh Allah.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah akan mengumpulkan nya termasuk golongan orang-orang yang beruntung. Tidak ada surga, neraka ‘arsy, kursy, hijab, langit tujuh, bumi tujuh, bulan di udara, gunung-gunung, pepohonan, binatang melata, dan malaikat, kecuali semuanya berdoa dan memohonkan ampunan untuknya. Dan jika ia mati pada hari, atau malam itu, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang membacanya pada hari Jumat, maka ia aman dari bala hingga pagi harinya. Dan barangsiapa yang mendirikan salat empat rakaat, ia membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Hasyr di setiap rakaatnya, seraya mengharapkan hajat apa pun yang diinginkannya, maka Allah akan mengabulkan selama ia tidak mengubah maksiat.”

Keempat, wasilah memperoleh kecerdikan dan sedikit lupa.

Ash-Shadiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya di malam Jumat, maka ia aman dari bala sampai waktu pagi tiba. Barangsiapa yang berwudu ketika memiliki keinginan, lalu ia mendirikan salat empat rakaat dengan membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Hasyr di setiap rakaatnya, sampai selesai empat rakaat itu seraya mengharapkan keinginannya itu, maka Allah akan memudahkan mewujudkan keinginannya itu. Dan barangsiapa yang menulisnya dengan iar yang suci dan meminumnya, maka ia akan diberi anugerah kecerdasan dan sedikit lupa, dengan izin Allah.”

Kelima, pembacanya diwajibkan masuk surga

Rasulullah Saw, pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca akhir Surat Al-Hasyr di malam, atau disiang hari, lalu ia mati pada siang atau malam itu, maka wajib untuknya masuk surga.”

Keenam, pembacanya diberi cap syuhada.

Hasan Ali berkata, “Barangsiapa yang membaca tiga ayat terakhir dari Surat Al-Hasyr di pagi hari, lalu ia mati pada hari itu, maka ia akan diberi cap dengan cap syuhada. Dan jika ia membaca di sore hari, lalu ia mati di malam harinya, maka ia juga diberi cap dengan cap syuhada. (Darul Manstur, Juz 6: 202)

Ketujuh, pembacanya memperoleh ampunan atas segala kesalahannya.

Anas berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca akhir Surat Al-Hasyr, lalu ia mati pada hari itu atau malam itu, maka segala perbuatan salahnya akan diampuni.”

Kedelapan, dapat dijadikan doa untuk mengusir jin jahat. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Hasyr ayat 21 sampai 24 secara istiqamah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Hasyr. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’alam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel