Surat Al-Jum’ah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Jum’ah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Jum’ah artinya “hari Jumat”. Surat ini terdiri atas 11 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah, dan diturunkan sesudah Surat Ash-Shaff. Ia diberi nama Surat Al-Jum’ah, karena merujuk pada lafaz al-jum’ah yang terdapat pada ayat 9.

Pokok Kandungan Surat Al-Jum’ah

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Jum’ah adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan sifat orang-orang munafik dan juga sifat orang-orang buruk pada umumnya, seperti berdusta, bersumpah palsu, dan penakut;
  2. Menjelaskan tentang ajakan kepada orang-orang mukmin agar taat kepada Allah dan rasul_nya;
  3. Ajakan untuk menafkahkan harta untuk kepentingan agama-Nya sebelum ajal menjemput.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Jum’ah

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Jum’ah adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw., sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi yang lain.

Kedua, Rasulullah Saw. biasa membacanya di waktu salat Jumat

Adh-Dhahak bin Qais meriwayatkan bahwa ia pernah bertanya kepada Nu’man bin Basyir, “Apakah yang biasa dibaca Rasulullah pada salat Jumat setelah Surat Al-Jumu’ah?

Maka ia menjawab, “Baginda biasa membaca hal ataka haditsul-ghasyiyah (Surat Al-Ghasyiyah).” (HR. Malik, Juz 1: 102)

Ketiga, pembacanya akan memperoleh pahala sepuluh kebaikan dengan jumlah orang yang berkumpul di hari Jumat sepanjang masa.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Jum’ah), maka Allah mencatat untuknya pahala sepuluh kebaikan sejumlah orang-orang yang berkumpul di hari Jumat sepanjang masa. Dan barangsiapa yang membacanya di setiap malam dan siang hari, maka ia aman dari hal-hal yang membahayakan.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 5)

Empat, dilindungi dari godaan setan dan dosanya diampuni hingga hari berikutnya.

Al-Imam Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya pada malam atau siang hari, baik di waktu pagi maupun sore, maka ia aman dari godaan setan. Dan ia akan diampuni dosanya pada hari itu, sampai hari kedua (berikutnya).” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 5) 

Kelima, dapat dijadikan wasilah atau doa agar harta yang kita miliki menjadi berkah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Jum’ah ayat 4. Berikut bacaannya: 

ذٰلِكَ فَضْلُ اللّٰهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَاللّٰهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Jum’ah. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel