Surat Al-Munafiqun: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Daftar Isi

https://www.abusyuja.com/2021/02/surat-al-munafiqun-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Al-Munafiqun artinya adalah “orang-orang munafik”. Surat ini terdiri atas 11 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah dan diturunkan sesudah Surat Al-Hajj. Ia dinamakan Surat Al-Munafiqun karena surat ini menjelaskan tentang sifat dari orang-orang munafik.

Pokok Kandungan Surat Al-Munafiqun

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Munafiqun adalah sebagai berikut:

  1. Keterangan tentang orang-orang munafik dan sifat-sifat mereka yang buruk, seperti berdusta, suka bersumpah palsu, sombong, kikir, tidak menepati janji;
  2. Menjelaskan tentang peringatan kepada orang-orang mukmin agar harta dan anak-anak tidak melalaikan mereka;
  3. Menerangkan tentang taubat kepada Allah;
  4. Anjuran agar menafkahkan sebagian rezeki.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Munafiqun

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Munafiqun adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keistimewaan atau keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi yang lain.

Kedua, pembacanya akan terbebas dari sifat munafik, keraguan dalam agama, penyakit bisul dan penyakit batin.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Munafiqun), maka ia terbebas dari sifat munafik dan ragu dari agama. dan jika dibacakan pada penyakit bisul, maka ia akan sembuh, dan jika dibaca atas penyakit batin, maka ia dapat menenangkannya (mengurangi rasa sakit dan dapat menyembuhkannya). (Tafisirul Burhan, Juz 8: 15)

Ketiga, dapat dijadikan wasilah atau doa agar diberi anugerah kesabaran dan rendah hati. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Munafiqun ayat 4 secara istiqamah. Berikut bacaannya:

 وَاِذَا رَاَيْتَهُمْ تُعْجِبُكَ اَجْسَامُهُمْۗ وَاِنْ يَّقُوْلُوْا تَسْمَعْ لِقَوْلِهِمْۗ كَاَنَّهُمْ خُشُبٌ مُّسَنَّدَةٌ ۗيَحْسَبُوْنَ كُلَّ صَيْحَةٍ عَلَيْهِمْۗ هُمُ الْعَدُوُّ فَاحْذَرْهُمْۗ قَاتَلَهُمُ اللّٰهُ ۖاَنّٰى يُؤْفَكُوْنَ

Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum. Dan jika mereka berkata kami mendengar perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditunjukkan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya), maka waspadalah terhadap mereka; semoga Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka sampai dipalingkan (dari kebenaran).(QS. Al-Munafiqun: 4)

Itulah sedikit pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan (fadhilah) dan manfaat (khasiat) dari Surat Al-Munafiqun. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam