Surat Al-Waqi’ah: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2021/02/surat-al-waqiah-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Al-Waqi’ah artinya “hari kiamat”. Surat Al-Waqi’ah terdiri atas 96 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah surat Thaha. Ia dinamakan Surat Al-Waqi’ah karena merujuk pada lafaz waqi’ah yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-Waqi’ah

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Waqi’ah adalah sebagai berikut:

  1. Menceritakan huru-hara di waktu terjadinya hari kiamat;
  2. Ketika dihisab, manusia terbagi menjadi tiga golongan, yakni golongan orang-orang yang bersegera melakukan kebaikan, golongan kanan, dan golongan yang celaka, sera pula balasan yang diterima masing-masing golongan;
  3. Menjelaskan bantahan Allah terhadap orang-orang yang tidak mempercayai adanya Tuhan;
  4. Menceritakan hari kebangkitan, yaumul hisab, serta menjelaskan bahwa Al-Qur’an berasal dari Lauhul Mahfuz.

Keutamaan dan Manfaat dari Surat Al-Waqi’ah

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Waqi’ah adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mufashshal yang diberikan kepada Rasulullah Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, surat yang membuat Rasulullah Saw. beruban.

Abu Bakar berkata, “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Saw., ‘Apakah yang membuat tuan beruban?’ Rasulullah Saw. menjawab, ‘Surat Hud, Al-Waqi’ah, Mursalat, ‘amma yatasa’alun (An-Naba’), dan idzasy-Syamsu kuwwirat (Al-Takwir).’” (Al-Hadis)

Ketiga, pembacanya akan dicintai Allah, tidak akan tertimpa kesengsaraan, kefakiran, kemiskinan dan mara bahaya.

Abi Abdullah berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Surat Al-Waqi’ah di setiap malam Jumat. Maka Allah mencintainya dan menjadikan seluruh umat manusia mencintainya. Ia (pembaca Surat Al-Waqi’ah) tidak tertimpa kesengsaraan, kefakiran, kemiskinan dan marabahaya dunia. Dan ia termasuk golongan teman amirul mukminin. Surat ini dikhususkan untuk amirul mukminin, dan tiada seorang pun yang bersekutu di dalamnya. (Tsawabul A’mal: 146)

Muhammad bin Hamzah berkata, Ash-Shidiq berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah Surat Al-Waqi’ah. Dan barangsiapa yang suka melihat sifat neraka, maka bacalah ayat sajadah dan Surat Luqman.” (Tsawabul A’mal: 146)

Keempat, menghadap Allah dengan wajah seperti bulan malam purnama.

Abu Ja’far berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Waqi’ah setiap malam sebelum tidur, maka ia akan bertemu Allah (di akhirat) dengan wajah bersinar seperti bulan di malam bulan purnama.(Tsawabul A’mal: 146)

Kelima, pembacanya dicatat tidak termasuk orang-orang yang lupa, serta menjadikan rumahnya dipenuhi dengan kebaikan.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Waqi’ah), maka ia tidak dicatat termasuk golongan orang-orang yang lalai, dan jika surat ini ditulis dan diletakkan di dalam sebuah rumah, maka rumah itu akan dipenuhi dengan kebaikan. Dan barangsiapa yang membacanya terus-menerus, maka ia dapat terhindar dari kefakiran, permintaannya dikabulkan, semakin terlindungi, pertolongan dan rezeki yang melimpah.” (Tafsirul Burhan, Juz 7: 405)

Keenam, dapat dijadikan wasilah agar seseorang dimudahkan dalam sakaratul maut dan mayit dapat mendapatkan ampunan.

Ash-Shadiq berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Sesungguhnya di dalam Surat Al-Waqi’ah terdapat manfaat yang tiada terhitung jumlahnya, di antaranya yaitu apabila dibacakan atas mayit, maka Allah akan memberikan ampunan kepadanya. Dan apabila dibacakan kepada orang yang mendekati ajal kematiannya, maka Allah akan mempermudah ruhnya keluar, dengan izin Allah.(Tafsirul Burhan, Juz 7: 405)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Waqi’ah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel