Cara Salat Tahajud dan Tips Agar Mudah Bangun Malam

Cara Salat Tahajud dan Tips Agar Bisa Bangun Malam
Shalat tahajud dilakukan waktu bangun tidur sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktunya sesudah shalat isya’ sampai terbit fajar. Shalat di waktu malam hanya dinamakan tahajud dengan syarat bila dilakukan sesudah bangun dari tidur di malam hari, sekalipun tidur itu hanya sebentar. Shalat tahajud lebih utama dilakukan pada saat sepertiga malam. 

Tips Agar Mudah Bangun Malam

Imam al-Ghazali memberikan nasihat supaya bisa bangun malam di antaranya:

  1. Makan malam yang sedikit sekadar penghilang lapar. Jika banyak makan di malam hari akan menyebabkan mengantuk dan susah bangun tidur.
  2. Memahami keutamaan qiyamullail dengan mentadabburi ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis Nabi serta kisah para salafushshalih yang berkenaan dengan qiyamullail.
  3. Berupaya agar tidak melakukan maksiat di siang hari sebagai bukti mahabbah (cinta) kepada Allah dengan sebenarnya. Imam Hasan Bashri berkata, “Janganlah kalian bermaksiat kepada Allah di siang hari, niscaya Allah akan membangunkan kalian di hadapan-Nya di malam hari.” 

Tata Cara Salat Tahajud

Shalat tahajud dilakukan sebagaimana shalat sunnah lainnya. Di setiap rakaat membaca Surat Al-Fatihah dan Surat-Surat Pendek. Yang menjadi pembeda adalah waktu dan niatnya. Adapun salat tahajud dilakukan dua rakaat satu salam.

Adapun lafaz niatnya sebagai berikut:

Niat Arab:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى.

Niat Latin: Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Aku niat shalat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala.

Doa Setelah Salat Tahajud

Dalam hadis Bukhari dinyatakan bahwa Rasulullah jika bangun dari tidur di tengah malam, terus bertahajud dan membaca doa:

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّماوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ اْلحَمْدُ نُوْرُالسَّمَاوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَلَكَ اْلحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ اْلحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللّهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِى مَا قََدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ اَنْتَ اْلمُقَدِّمُ وَاَنْتَ اْلمُؤَخِّرُ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ  اَوْ لاَ اِلَهَ غَيْرُكَ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ.

Doa sesudah salat tahajud latin:

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna wa lakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna wa lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi wa lakal hamdu antal haqqu wa wa’dukal haqqu wa liqaauka haqqun wa qauluka haqqun wal jannatu haqqun wan naaru haqqun wan nabiyyuuna haqqun wa Muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallama haqqun was saa’atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khashamtu wa ilaika haakamtu faghfir lii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu antal muqaddimu wa antal muakhkhiru laa ilaaha illaa anta au laa ilaaha ghairuka wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Arti doa sesudah salat tahajud:

"Ya Allah, bagimu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-Mulah segala puji, Engkau raja penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah yang haq, dan janji-Mu adalah haq dan perjumpaan-Mu adalah haq, dan firman-Mu adalah haq, dan surga adalah haq, dan neraka adalah haq, dan nabi-nabi itu adalah haq, dan nabi Muhammad Saw. adalah haq, dan saat hari kiamat itu haq. Ya Allah kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakkal), kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan kepada Engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul 'alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah."

Demikianlah Tata Cara Salat Tahajud dan Tips Agar Bisa Bangun Malam. Semoga bermanfaat. Wallahu A'am

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel