Doa Ketika Khitbah, Tunangan, atau Lamaran Calon Pengantin

Doa Ketika Khitbah, Tunangan, atau Lamaran Calon Pengantin
Kata “Khitbah” sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya tunangan, lamaran, atau pengikatan terhadap calon suami istri. Khitbah juga biasa disebut dengan ikatan tali asih seorang laki-laki kepada perempuan yang ia pilih, sifat khitbah ini adalah mengikat, jadi ketika seorang wanita telah diikat atau dikhitbah oleh laki-laki, maka haram baginya untuk menerima lamaran dari laki-laki lain. 

Jadi, haram hukumnya mendekati wanita yang sudah dilamar atau diikat oleh laki-laki lain. Hal ini dengan tegas dijelaskan dalam hadis Nabi,

Janganlah meminang wanita yang telah dipinang saudaranya, dan janganlah menawar barang yang sudah ditawar saudaranya.” (HR. Muslim)

Di dalam riwayat Ibnu Umar ra. juga dijelaskan,

Nabi Saw. telah melarang sebagian dari kalian untuk berjual beli atas jual beli saudaranya. Dan janganlah meminang atas pinangan yang lain hingga peminang sebelumnya meninggalkannya, atau ia telah diizinkan oleh peminang sebelumnya.” (HR. Bukhari) 

Itulah sekilas mengenai hukum pinang-meminang dalam Islam. Sekarang kita beralih ke anjuran membaca doa sebagai ungkapan rasa syukur kita atas khitbah/lamaran/tunangan yang diterima. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah untuk kedua calon pengantin. Agar hubungan mereka dapat berjalan langgeng hingga akad nanti.

Karena biasanya, dalam masa pertunangan hingga pernikahan, hal-hal negatif sangat mungkin akan terjadi, mulai dari fitnah, cobaan ekonomi, aksi tikung-menikung teman, atau mungkin hingga keraguan diri terhadap pasangan.

Doa bagi laki-laki yang akan melamar : 

Ketika seorang laki-laki melamar perempuan, ia dianjurkan untuk membaca doa ini:

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينْ،

 وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيّدِنَا محمّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِينْ.

 أَشْهَدُ أنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللَّه وَحْدَه لاَ شَرِيْكَ لَهْ،

 وَأَشْهَدُ أَنَّ محمداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

 جِئْتُكُمْ رَاغِباً فِي فَتَاتِكُمْ (......) أَوْ فِي كَرِيْمَتِكُمْ ...... بِنْتِ .......

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin. Asshalatu was salaamu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin, Wa ‘alaa-aalihii washahbihii ajma’iin. Asyhadu Alla Ilaaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhu Warasuuluh. Aku datang karena cinta kepada pemudi kalian (...sebutkan nama wanitanya...) dan wanita mulia kalian (.....nama wanita binti...sebut nama orang tuanya .....)

Doa ketika mendapatkan lamaran dari laki-laki

Ketika seorang wanita dilamar oleh laki-laki, ia dianjurkan atau walinya untuk membaca doa ini:

Berikut doa yang biasa dibaca ketika mendapatkan lamaran atau khitbah : 

اللهم كَمَا اَنْعَمْتَ عَلَيْنَا بِقَبُوْلِ خِطْبَتِنَا، وَتَصْدِيْقِ اَقْوَالِنَا، وَتَجْهِيْزِ اَصْهَارِنَا. نَسْئَلُكَ بِجَاهِ نَبِيِّكَ الْوَسِيْمِ، سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّسُوْلِ الْعَمِيْمِ، الْمَعْصُوْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. اَنْ تَقَبَّلَ اَمْلَاكَنَا، وَتُبَلِّغَ مَرَامَنَا، وَتُثَبِّتَ اَقْدَامَنَا، وَتَنْصُرَ عَلَى اَعْدَائِنَا، وَتَسْتُرَ عُيُوْبَنَا، وَتَغْفِرَ ذُنُوْبَنَا، وَتْجَمَعَ اِخْوَاننَا حَيْثُمَا دَعَوْنَا، اِنَّكَ عَلَى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ، وَبِالْاِجَابَةِ جَدِيْرٌ. اللهُمَّ يَافَاتِحَ الْبَرَكَاتِ، وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ، يَابَدِيْعَ الْاَرْضِ وَالسَّمَاوَاتِ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْد لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya :

Ya Allah, seperti halnya nikmat yang Engkau beri kepada kami dengan menerima khitbah ini serta membenarkan ucapan kesanggupan kami dan mertua yang Engkau siapkan untuk kami. Kami memohon dengan ke-Agungan Nabi-Mu, Nabi Muhammad Saw., untuk menerima harta kami, menetapkan langkah usaha kami, dan menjauhkan dari musuh-musuh kami, menutupi aib atau kekurangan kami, memaafkan semua dosa kami, mengumpulkan saudara-saudara kami di mana pun kami berseru. Karena Engkaulah Zat yang Maha Menghendaki atas segalanya. Ya Allah, Zat Pembuka Keberkahan, Zat Pemenuh Kebutuhan, dan Zat  yang menciptakan langit bumi

Itulah pembahasan singkat mengenai doa khitbah, baik bagi laki-laki yang sedang melamar atau bagi perempuan yang sedang menerima lamaran. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel