Doa Ulang Tahun Anak Arab dan Terjemahnya

Doa Ulang Tahun Anak lengkap dengan tulisan Arab dan Terjemahnya.
Abusyuja.com – Perayaan Milad atau perayaan ulang tahun adalah kegiatan yang mengungkapkan nikmat syukur atas panjang umur yang diberikan oleh Allah Swt. Dalam Islam, perayaan ulang tahun yang paling baik adalah puasa tiga hari yang mengapit hari ulang tahunnya, yaitu sebelum hari H, hari H, dan setelah hari H-nya. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk untuk memanjatkan doa ulang tahun dan melaksanakan tradisi sedekah tolak balak.

Dewasa ini, tradisi ulang tahun tidak hanya dilakukan dengan perayaan pesta makan-makan saja, banyak dari kalangan Islam yang merayakan acara ulang tahun anaknya dengan mengadakan selametan. Acara selamatan bertujuan sebagai bentuk dari ungkapan syukur kepada Allah, dan pengharapan kita untuk keselamatan sang anak pada tahun-tahun yang akan dihadapi.

Selain itu, selametan ulang tahun juga dapat menjadi wasilah atau doa kepada Allah agar kelak anak kita menjadi soleh-solehah, berbakti kepada orang tua, pintar dan menjadi anak yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Acara selametan biasanya mendatangkan para tetangga, memberikan mereka hidangan sebagai sarana sedekah dan tolak balak. Diharapkan nanti, setelah diselamati, anak akan selalu diberi keselamatan untuk tumbuh dewasa dan menjadi manusia yang selalu berada di jalan yang benar.

Tradisi seperti ini tentu berbeda dengan pesta ulang tahun hura-hura yang biasa dilakukan oleh para pelaku budaya barat. Sebab, selametan adalah identik dengan amalan-amalan mulia, segala kegiatan yang ada di dalamnya meliputi doa, tahlil, sedekah, bahkan santunan anak-anak yatim piatu.

Tetapi pada kesempatan kali ini, kami tidak ingin membahas panjang lebar mengenai bagaimana konsep ulang tahun dalam Islam, melainkan hanya menyampaikan soal bagaimana cara berdoa di acara ulang tahun yang baik dan benar.

Sekedar mengingatkan, doa ini tidak perlu dihafal apabila nantinya akan memberatkan. Cukup baca arabnya saja, kalau kesulitan membaca arabnya, cukuplah dengan membaca artinya saja. Sebab, doa tidak diwajibkan harus selalu arab. Meskipun kita berdoa dengan bahasa Indonesia sekalipun, Allah tetap “Maha Mengetahui” tentang segala ucapan yang dikehendaki para makhluk-Nya.

Berikut susunan doa ulang tahun :

Doa Acara Ulang Tahun Bahasa Arab

بسم الله الرحمن الرحيم.اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.حَمْدًا الشَّاكِرِيْنَ، حَمْدًا النَّاعِمِيْنَ، حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ، يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِالْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ، وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، اَلْهَادِىْ اِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلَى الِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ. اَللّهُمَّ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ يَاذَا الْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ.لَااِلهَ اِلَّا اَنْتَ سُبْحَانَكَ اِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ.اَللّهُمَّ اجْمَعْ ذَاتَ بَيْنِنَا وَاَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِنَا وَقُلُوْبِ أَقْرِبَائِنَا وَقَوِّ اِجْتِمَاعَنَا وَأَدِمْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ وَاغْفِرْ أَبَائَنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادَنَا وَجَدَّاتِنَا وَارْحَمْ اَوْلَادَنَا وَذُرِّيَّتِنَا وَاجْعَلْنَا فِىْ زُمْرَةِ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ.

اَللّهُمَّ يَا اللهُ بَارِكْ لِهَذَا الْوَلَدِ الَّذِىْ بَلَغَ عُمْرَهُ  (...diisi dengan usia anak...)  

وَاجْعَلْهُ مِنْ عِيَالِ السَّلَامَةِ وَأَكْرِمْهُ بِطُوْلِ الْعُمْرِ فِى طَاعَةِ اللهِ وَرَسُوْلِهِ مَعَ الصِّحَّةِ وَالْعَافِيَةِظَاهِرًا وَبَاطِنًا

وَأَوْفِرْ حَظَّهُ مِنَ الْعِلْمِ النَّافِعِ وَالْعَمَلِ الصَّالِحِ وَالْأَخْلَاقِ الْمَحْمُوْدَةِ وَاحْفَظْهُ مِنْ شَرِّ الزَّمَانِ وَمِنْ شَرِّ أَهْلِ الزَّمَانِ وَلَا تَضُرُّهُ.

اَللّهُمَّ فَهِّمْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ الْكِتَابَ وَالسُّنَّةَ وَوَفِّقْهُ اِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ 

وَاجْعَلْهُ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ اَلْهَادِيْنَ اَلْمُهْتَدِيْنَ وَيَكُوْنُ قُرَّةَ عَيْنٍ لِلنَّبِىِّ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ وَالِهِ وَسَلَّمَ وَلِوَالِدَيْهِ وَلِلْمُسْلِمِيْنَ.

اَللّهُمَّ اَعِنْ وَالِدَيْهِ عَلَى حُسْنِ تَرْبِيَتِهِ وَلَا تَجْعَلْهُ سَيِّدًا لِوَالِدَيْهِ، 

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. 

اَللّهُمَّ اجْعَلْنَاوَاِيَّاهُ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ وَاجْعَلْنَا وَاِيَّاهُ مِنْ عِبَادِكَ الْمُخْلَصِيْنَ، رَبِّ اجْعَلْنِى مُقِيْمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِىْ رَبَّنَا وَتَقَّبَّلْ دُعَاءِ.

اللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ لِسَانًا ذَاكِرًا وَقَلْبًا شَاكِرًا وَبَدَنًا صَابِرًا وَزَوْجَةً تُعِيْنُوْنَا فِى الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ، وَنَعُوْذُ بِكَ يَارَبَّنَا مِنْ وَلَدٍ يَكُوْنُ عَلَيْنَا سَيِّدًا، وَمِنِ امْرَأَةٍ تُشَيِّبُنَا قَبْلَ وَقْتِ الْمَشِيْب، وَمِنْ مَالٍ يَكُوْنُ عَذَابًا لنَاَ وَوَبَالًا عَلَيْنَا وَمِنْ جَارٍ إِنْ رَأَى مِنَّا حَسَنَةً كَتَمَهَا وَاِنْ رَأَى مِنَّا سَيِّئَةً اَفْشَاهَا.

اَلّلهُمَّ  اجْعَلْ اَوْلَادَنَا وَأَوْلَادَ الْمُسْلِمِيْنَ صَالِحِيْنَ مُتَّقِيْنَ مُتَمَسِّكِيْنَ بِدِيْنِ الْاِسْلَامِ وَجَنِّبْهُمْ مِنْ مُنْكَرَاتِ الْاَخْلَاقِ وَالْأَعْمَالِ وَالْأَهْوَالِ وَالْأَرَاءِوَاحْفَظْهُمْ مِنْ شَرِّ الزَّمَانِ وَشَرِّ اَهْلِ الزَّمَانِ، رَبَّنا تَقَبَّلْ دُعَاءَنَا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا فَإنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. ، رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Doa Acara Ulang Tahun Bahasa Indonesia

“Ya Allah berikanlah berkah kepada anak ini, anak yang umurnya telah sampai (...diisi dengan usia anak...)”

“Dan jadikan dia menjadi bagian dari keluarga yang penuh dengan keselamatan, muliakan dia dengan umur panjang dalam taat kepada-Mu, Rasul-Mu, dan sertakanlah atau berikanlah kesehatan, keselamatan baik lahir maupun batin.”

“Dan berikan bagiannya ilmu bermanfaat, amal soleh, akhlak yang mulia, dan jauhkanlah dari keburukan zaman dan ahli zaman. Janganlah Engkau berikan bahaya padanya.”

“Ya Allah, berikanlah dia kefahaman akan ilmu agama, ilmu Al-Qur’an dan Sunnah. Berikanlah dia pertolonganmu untuk selalu berada di jalan yang lurus.”

“Dan jadikanlah dia golongan orang-orang solih, yang memberikan petunjuk. Dan jadikanlah dia menyejuk hati bagi Rasulullah Saw., kedua orang tua, dan seluruh kaum muslimin.”

“Ya Allah, berikanlah pertolongan kepada kedua orang tuanya untuk agar dapat mendidiknya dengan baik. Jangan Engkau raja (yang memerintah) kepada kedua orang tuanya.”

“ Ya Allah ya Tuhan kami, jadikanlah istri-istri kami serta keturunan kami penyejuk hati dan jadikanlah kami pemimpin.”

“Ya Allah, jadikanlah kami dan dia termasuk golongan orang-orang soleh. Tegakkanlah salat kami, keturunan kami, dan terimalah doa kami.”

Wasiat agar anak menjadi soleh-solehah

Salah satu guru kami, KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri, Lc. pernah memberikan pesan kepada santri-santrinya bahwa apabila kita ingin memiliki anak yang soleh-solehah, maka berikan mereka 3 macam air. Pertama, air hangat, maksudnya adalah selalu memberi anak kasih sayang dan didiklah mereka dengan penuh kehangatan. Kedua, air susu, maksudnya adalah memberinya makanan-makanan halal dan jauhkan perutnya dari perkara-perkara syubhat. Ketiga, air mata, maksudnya adalah kita sebagai orang tua “harus” mau menangis di hadapan Allah di sepertiga malam, memohon dan berdoa agar diberi keturunan yang soleh-solehah.

Demikian Doa Ulang Tahun Anak yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Tag terkait:

  • Doa ulang tahun dalam Al-Qur’an
  • Doa ulang tahun untuk sahabat
  • Doa ulang tahun anak dalam Islam
  • Doa berkah ulang tahun
  • Cara memimpin doa acara ulang tahun
  • Doa ulang tahun untuk teman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel