Pengertian Adil dan Berbuat Kebajikan (Ihsan)

Pengertian Adil dan Berbuat Kebajikan (Ihsan)
Sesuai judul di atas, beriku kami paparkan dengan singkat mengenai definisi adil dan berbuat kebajikan (ihsan) yang diperintahkan Allah sebagaimana dalam QS. An-Nahl ayat 90.

Pengertian Adil

Adil artinya sama, atau seimbang atau menempatkan sesuatu pada tempatnya (proporsional). Kata “adil” diartikan sama maksudnya seseorang memperlakukan seseorang atau sesuatu sama sesuai dengan haknya, atau tidak membedakan seseorang atau sesuatu dengan yang lain sesuai dengan haknya.

Adil berarti seimbang, maksudnya identik dengan kesesuaian. lawan katanya adalah kezaliman. Perlu dicatat, bahwa keseimbangan tidak mengharuskan persamaan kadar dan syarat bagi semua bagian unit agar seimbang.

Bisa saja satu bagian yang berukuran kecil atau besar, sedang dan kecil, dan besarnya, ditentukan oleh fungsinya yang diharapkan darinya. Sedangkan adil dalam pengertian menempatkan sesuatu pada tempatnya berarti perhatian terhadap hak-hak individu atau sesuatu dan memberikan hak-hak itu kepada setiap pemiliknya, lawannya adalah kezaliman, dalam arti pelanggaran terhadap pihak lain.

Melaksanakan keadilan bagi manusia berarti mewujudkan kesamaan hak, memberikan keseimbangan, dan memberikan hak kepada setiap pemiliknya. Adanya hak menunjukkan kewajiban atau tanggung jawab, tetapi adanya kewajiban bukan berarti merampas hak dengan demikian.

Sikap adil ini meliputi mewujudkan keseimbangan dalam hidup, persamaan dalam hak dan pemberian hak, dan menghindari merampas orang lain atau berbuat zalim, baik adil terhadap dirinya sendiri, anggota keluarganya, maupun adil terhadap orang lain.

Keadilan akan mendatangkan kebahagiaan kalau hak-hak yang dijamin dalam masyarakat. Namun bila hak-haknya dirampas, golongan atau individu yang kuat menindas yang lemah, maka kegoncangan dan kekacauan sulit dihindari, kebencian, dengki dan dendam akan mudah timbul, dan pada akhirnya nanti akan membawa kepada kehancuran manusia.

Karenanya, Islam menegakkan keadilan guna memelihara kelangsungan hidup masyarakat manusia. Banyak ayat Al-Qur’an memerintahkan manusia berbuat adil dan melarang kezaliman.

Pengertian Ihsan

Yang dimaksud berbuat kebajikan atau Ihsan adalah melakukan perbuatan perbuatan yang mendatangkan manfaat bagi orang lain dan menghindarkan perbuatan-perbuatan yang menimbulkan bahaya bagi mereka, membalas perbuatan baik orang lain dengan yang lebih baik memanfaatkan, dan berbuat baik kepada orang yang berbuat kesalahan termasuk perbuatan Ihsan.

Perbuatan Ihsan ini merupakan perwujudan dan sikap manusia yang menyadari akan eksistensinya sebagai makhluk sosial, artinya bahwa manusia di samping sebagai makhluk individu, juga sebagai makhluk sosial yang senantiasa memerlukan bantuan dan pertolongan orang lain.

Karena itulah Allah menyuruh kepada manusia agar di antara mereka terjalin hubungan baik, saling menghormati, membantu, dan berbuat kebajikan sekaligus melarang melakukan perbuatan-perbuatan yang akan menimbulkan bahaya bagi sesama manusia.

Itulah definisi singkat mengenai adil dan berbuat kebajikan (Ihsan). Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel