Surat Al-'Adiyat: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-'Adiyat: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-‘Adiyat sendiri artinya adalah “kuda perang yang berlari kencang”. Surat yang terdiri atas 11 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-‘Ashr. Ia diberi nama Surat Al-'Adiyat karena merujuk pada lafaz al-‘adiyat yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-'Adiyat

Adapun pokok kandungan dari Surat Al’Adiyat adalah:

Ancaman Allah kepada manusia yang ingkar dan yang sangat mencintai harta bendanya, bahwa mereka akan mendapatkan balasan yang setimpal di saat mereka dibangkitkan dari alam kubur dan di saat ini hati mereka diperlihatkan.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-'Adiyat

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-'Adiyat adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-'Adiyat adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, kelak ia akan dibangkitkan bersama amirul mukminin

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-'Adiyat secara istiqamah, maka Allah akan membangkitkannya bersama amirul mukminin secara khusus, ia berada di samping dan dekatnya.(Tsawabul A’mal: 154)

Ketiga, berpahala seperti membaca Al-Qur’an dan wasilah doa melunasi hutang.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-'Adiyat), maka ia akan diberi pahala seperti pahala orang yang membaca Al-Qur’an, dan barangsiapa yang membacanya dengan istiqamah, sedangkan ia memiliki hutang, maka Allah akan menolongnya untuk melunasi hutang tersebut dengan sangat cepat.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 360)

Keempat, dapat dijadikan doa atau wasilah agar terlepas dari ketakutan, kelaparan, dan kehausan.

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-'Adiyat) kepada orang yang takut, maka ia akan aman dari ketakutannya, membacanya kepada orang yang lapar, maka ia tenang dari rasa laparnya, dan orang yang kehausan, maka ia akan tenang dari rasa hausnya. Lalu ketika orang yang berhutang membacanya secara istiqamah, maka Allah akan melunasi hutangnya, dengan izin Allah.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 154)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan keutamaan dan manfaat dari Surat Al-'Adiyat. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel