Surat Al-Buruj: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Buruj: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Buruj sendiri artinya adalah “gugusan bintang”. Surat yang terdiri atas 22 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Asy-Syams. Ia diberi nama Surat Al-Buruj, karena merujuk pada lafaz al-buruj yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

Pokok Kandungan Surat Al-Buruj

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Buruj adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan sikap dan tindakan orang-orang kafir terhadap yang mengikuti seruan para Rasul;
  2. Menjelaskan bukti-bukti kekuasaan dan ke-Esa-an Allah;
  3. Isyarat dari Allah bahwa orang-orang kafir Makkah akan ditimpa azab sebagaimana kaum Firaun dan kaum Tsamud;
  4. Jaminan Allah terhadap kemurnian Al-Qur’an yang selalu terjaga.

Manfaat dan Keutamaan Surat Al-Buruj

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Buruj adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Buruj termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, Surat Al-Buruj adalah salah satu surat yang sering dibaca Rasulullah dan beliau memerintahkan untuk membacanya.

Abu Hurairah berakta bahwa Rasulullah Saw. membaca was-sama’i wath-thariq di waktu Isya akhir.

Dari Abu Hurairah juga, Rasulullah Saw. memerintahkan membaca Surat As-Samawat (Surat Al-Buruj) dan was-sama’i wath-thariq di waktu Isya.

Jabir bin Samrah mengatakan bahwa Nabi membaca was-sama’i dzatil-buruj dan was-sama’i wath-thariq di waktu salat Zuhur dan Asar.

Ketiga, Surat Al-Buruj adalah surat para nabi, dan pembacanya akan berkumpul dan berdiri bersama para nabi, rasul dan orang-orang saleh.

Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca was-sama’i dzatil-buruj di salat fardu, karena sesungguhnya ia adalah surat para nabi, maka tempat berkumpul (mahsyar) dan mauquf pembacanya bersama para nabi, para rasul dan orang-orang saleh.(Tswabul A’mal: 151)

Keempat, memperoleh pahala sepuluh kebaikan sejumlah orang-orang yang berkumpul di hari Jumat dan di hari Arafah. Pembacanya juga diselamatkan dari ketakutan dan kekerasan.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Buruj), maka Allah akan memberinya pahala sepuluh kebaikan sejumlah semua orang yang berkumpul di hari Jumat dan semua orang yang berkumpul di hari Arafah. Pembacanya juga diselamatkan dari ketakutan dan kekerasan.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 249)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Buruj. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel