Surat Al-Ghasyiyah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Ghasyiyah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Ghasyiyah sendiri artinya adalah “peristiwa yang dahsyat”. Surat yang terdiri atas 26 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan sesudah Surat Adz-Dzariyat. Ia diberi nama Surat Al-Ghasyiyah karena merujuk pada lafaz al-ghasyiyah yang terdapat pada ayat pertama. Adapun yang dimaksud dengan peristiwa yang dahsyat adalah hari kiamat.

Pokok Kandungan Surat Al-Ghasyiyah

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Ghasyiyah adalah sebagai berikut:

  1. Keterangan tentang orang-orang kafir di hari kiamat dan azab yang mereka terima;
  2. Keterangan tentang orang-orang yang beriman dan balasannya surga yang diberikan;
  3. Perintah untuk memperhatikan keajaiban pada ciptaan-ciptaan Allah;
  4. Perintah kepada Rasulullah Saw. untuk memperingatkan kaumnya kepada ayat-ayat Allah, karena Baginda adalah pemberi peringatan, bukan penguasa atas keimanan mereka.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Ghasyiyah

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Ghasyiyah adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Ghasyiyah adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, Allah menyelubungi pembacanya dengan rahmat-Nya di dunia dan di akhirat.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang dengan istiqamah membaca hal ataka haditsul-ghasyiyah (Surat Al-Ghasyiyah) di dalam salat fardu atau sunah, maka Allah akan menyelubunginya dengan rahmat-Nya di dunia dan akhirat, dan di hari kiamat, Allah akan mendatangkannya dengan aman dari siksa neraka.(Tswabul A’mal: 152)

Ketiga, pembacanya akan memperoleh hisab yang ringan dan dapat dijadikan doa atau wasilah kelahiran, orang yang meminta tolong, dan orang yang melarikan diri.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Ghasyiyah), maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah, dan barangsiapa yang membacanya atas dilahirkan seorang manusia, atau yang lain, orang yang meminta tolong, dan orang yang melarikan diri, maka itu dapat menenangkannya dan membuatnya diam.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 267)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Ghasyiyah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel