Surat Al-Haqqah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Haqqah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Haqqah sendiri artinya “hari kiamat”. Surat ini terdiri atas 52 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-Mulk. Ia diberi nama Surat Al-Haqqah ,karena merujuk atau diambil dari lafaz al-haqqah yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-Haqqah

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Haqqah adalah sebagai berikut:

  1. Peringatan tentang azab Allah yang ditimpakan kepada kaum-kaum Tsamud, ‘Ad, Fir’aun, kaum Nabi Nuh, dan kaum-kaum sebelum mereka yang mengingkari para Rasul mereka;
  2. Menceritakan kejadian-kejadian yang terjadi pada hari kiamat dan hari hisab;
  3. Menjelaskan penegasan Allah bahwa Al-Qur’an adalah wahyu yang benar-benar dari-Nya.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Haqqah

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Haqqah adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya akan dimudahkan dalam hisab, dan dapat dijadikan sebagai wasilah atau doa agar janin yang ada di dalam perut dilindungi oleh Allah.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Haqqah), maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah, barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada wanita yang sedang hamil, maka janin yang dalam perutnya dilindungi dengan izin Allah. Dan jika ditulis, dan dimasukkan ke dalam air, dan airnya diminumkan kepada anak kecil yang masih menyusu air susu ibu sebelum sempurna disapih, maka ia akan tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas lagi penghafal.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 98)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Haqqah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel