Surat Al-Mursalat: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Mursalat: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Sesuai judul di atas, kami ingin menjelaskan mengenai pokok kandungan, keutamaan, serta manfaat dari Surat Al-Mursalat.

Al-Mursalat artinya adalah “malaikat-malaikat yang diutus”. Surat ini terdiri atas 50 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-Humazah. Ia diberi nama Surat Al-Mursalat, karena merujuk pada lafaz al-mursalat yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-Mursalat

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Mursalat adalah sebagai berikut:

  1. Penegasan Allah bahwa apapun yang diancamkan-Nya pasti terjadi;
  2. Menceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum hari kebangkitan;
  3. Peringatan Allah kepada umat-umat terdahulu yang mendustakan para nabi dan asal kejadian manusia dari setetes air hina;
  4. Menceritakan keadaan orang-orang kafir dan orang-orang mukmin di hari kiamat.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Mursalat

Adapun keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Mursalat adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Mursalat adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, Allah mengenali pembacanya di antara Nabi Muhammad Saw.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca surat wal-mursalati ‘urfa (Surat Al-Mursalat), maka Allah akan mengenalinya di antara ia dan Nabi Muhammad Saw. (Tsawabul A’mal: 150)

Ketiga, orang yang membacanya, kelak akan dicatat tidak termasuk kedalam golongan orang-orang musyrik, serta dikuatkan dalam menghadapi peradilan.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia dicatat tidak termasuk orang-orang musyrik. Dan barangsiapa yang membacanya di dalam peradilannya antara ia dengan seseorang, maka Allah akan memberinya kekuatan kepadanya untuk melawan dan memenangkannya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 188)

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Mursalat), sedangkan ia berada di dalam peradilan seorang hakim, atau penguasa, maka Allah akan menolongnya untuk memenangkannya. (Tafsirul Burhan, Juz 8: 188)

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Mursalat. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel