Surat Al-Muthaffifin: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

Surat Al-Muthaffifin: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya
AL-Muthaffifin sendiri artinya adalah “orang-orang yang curang”. Surat ini terdiri atas 36 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-Ankabut. Surat Al-Muthaffifin merupakan surat terakhir yang di kota Makkah sebelum baginda Rasulullah Saw. hijrah ke kota Madinah, ia diberi nama Surat Al-Muthaffifin karena merujuk ada lafaz al-muthaffifin yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-Muthaffifin

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Muthaffifin adalah sebagai berikut:

  1. Ancaman Allah terhadap orang-orang yang mengurangi hak orang lain dalam timbangan, ukuran dan takaran;
  2. Menjelaskan tentang catatan kejahatan makhluk yang dicantumkan di Sijjin, sedangkan catatan kebaikannya dicantumkan di ‘Illiyyin;
  3. Penjelasan sikap orang-orang kafir terhadap orang-orang beriman di dunia, serta sikap orang-orang beriman terhadap orang-orang kafir di akhirat.

Manfaat dan Keutamaan Surat Al-Muthaffifin

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Muthaffifin adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Muthaffifin termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keistimewaan dan keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya akan memperoleh keamanan dari api neraka, dan tidak akan dihisab di hari kiamat.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa di dalam salat fardu membaca wailul-lil-muthaffifin (Surat Al-Muthaffifin), maka Allah akan memberikannya keamanan di hari kiamat dari api neraka, neraka tidak melihatnya dan ia juga tidak melihat neraka, ia melintas di atas jembatan neraka, dan tidak dihisab di hari kiamat. (Tswabul A’mal: 151)

Ketiga, orang yang membacanya akan diberi minum dari rahiq makhtum di hari kiamat.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Muthaffifin), maka Allah akan memberikannya minum dari rahiq makhtum di hari kiamat, dan jika dibaca pada tempat penyimpanan, maka Allah akan melindunginya dari segala macam bahaya. (Tafsirul Burhan, Juz 8: 232)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Muthaffifin. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel