Surat At-Takatsur: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat At-Takatsur: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
At-Takatsur sendiri artinya adalah “bermegah-megahan”. Surat yang terdiri atas 8 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Kautsar. Ia diberi nama At-Takatsur karena merujuk pada lafaz at-takatsur yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

Pokok Kandungan Surat At-Takatsur

Adapun pokok kandungan dari Surat At-Takatsur adalah:

Keinginan manusia untuk bermegah-megahan dalam urusan dunia sehingga sering lalai dengan tujuan hidupnya, dan ia pun tersadar ketika maut telah mendatanginya, serta manusia akan ditanya tentang nikmat yang dibangga-banggakan itu.

Keutamaan dan Manfaat Surat At-Takatsur

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat At-Takatsur adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat At-Takatsur termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya akan dilindungi dari fitnah kubur.

Nabi Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat At-Takatsur ketika tidur, maka ia dilindungi dari fitnah kubur dan Allah juga menjaganya dari keburukan malaikat Munkar dan Nakir.(Biharul-Anwar, Juz 89: 336)

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat At-Takatsur ketika (hendak tidur), maka ia dilindungi dari fitnah kubur.(Al-Kahfi, juz 2: 465)

Ketiga, memperoleh pahala seperti pahalanya orang mati syahid.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat At-Takatsur di dalam salat fardu-nya, maka Allah mencatat untuknya pahala seperti seratus syahid, barangsiapa yang membacanya dalam salat sunah, maka Allah mencatatnya pahala lima puluh syahid, dan empat puluh baris malaikat mendirikan salat bersamanya, Insya Allah.” (Tafsirul Burhan, juz 8: 155)

Keempat, tidak dihisap atas segala nikmat yang diberikan dan memperoleh ampunan.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat At-Takatsur), maka Allah tidak akan menghisabnya atas nikmat yang diberikan kepadanya selama di dunia. Dan barangsiapa yang membacanya ketika turun hujan, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 372)

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya (Surat At-Takatsur) di waktu turun hujan, maka Allah mengampuni (dosa) nya, dan barangsiapa yang membacanya di waktu salat Asar, maka ia berada di dalam perlindungan Allah sampai terbenamnya matahari di hari kedua, dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 371)

Kelima, sepadan membaca seribu ayat.

Ibnu Umar telah berakta bahwa Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang mampu membaca seribu ayat setiap hari?” Para sahabat menjawab, “Siapa yang mampu membaca seribu ayat?” Baginda menjawab, “Seseorang yang membaca Surat At-Takatsur.” (Biharul Anwar, Juz 89: 336)

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat At-Takatsur. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel