Surat An-Nazi'at: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

Surat An-Nazi'at: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya
An-Nazi’at sendiri artinya adalah “malaikat-malaikat yang mencabut”. Surat ini terdiri atas 46 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat An-Naba’. Ia diberi nama Surat-An-Nazi'at, karena merujuk pada lafaz an-nazi’at yang terdapat pada ayat pertama. Selain Surat-An-Nazi'at, ia juga diberi nama Surat As-Sahirah, yang diambil dari ayat 14, dan dinamakan juga Surat-An-Nazi'at Ath-Thammah diambil dari ayat 34.

Pokok Kandungan Surat-An-Nazi'at

Adapun pokok kandungan dari Surat-An-Nazi'at adalah sebagai berikut:

  1. Penegasan Allah tentang adanya hari kiamat dan sikap orang-orang musyrik terhadapnya;
  2. Menjelaskan bahwa umat manusia terbagi menjadi dua golongan di akhirat;
  3. Tidak ada seorang pun yag dapat mengetahui kapan terjadinya hari kiamat.

Keutamaan dan Manfaat Surat-An-Nazi'at

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat-An-Nazi'at adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat-An-Nazi'at termasuk dalam kategori Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keistimewaan dan keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, pembacanya tidak akan mati, tidak akan masuk surga kecuali dalam keadaan segar (tidak kehausan).

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat-An-Nazi'at, maka ia tidak akan mati kecuali dalam keadaan segar (tidak haus), Allah tidak akan membangkitkannya kecuali dalam keadaan segar (tidak haus), dan Allah tidak memasukkannya ke dalam surga kecuali dalam keadaan segar (tidak kehausan).(Tsawabul A’mal: 150)

Ketiga, pembacanya akan aman dari azab Allah, mendapatkan minuman dingin di hari kiamat, dan selamat dari musuh.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat-An-Nazi'at), maka ia aman dari azab Allah, Allah akan memberinya minum-minuman yang dingin di hari kiamat. Dan barangsiapa yang membacanya ketika berhadapan dengan musuh-musuhnya, maka mereka akan berpaling darinya, ia selamat darinya dan tidak akan membahayakannya.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 203)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, manfaat serta keutamaan dari Surat-An-Nazi'at. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel