Hukum Menulis Al-Qur’an Dalam Kondisi Hadas

Orang yang hadas dilarang untuk melakukan beberapa hal, di antara adalah membawa atau menyentuh Al-Qur’an. Lalu, bagaimana kalau menulis Al-Qur’an? Apakah Al-Qur’an boleh ditulis bagi orang yang masih memiliki hadas? Berikut Jawabannya:

Dalam kitab Al-Ghurarul al-Bahiyah dijelaskan, bahwa:

Hadas tidak menghalangi penulisan Al-Qur’an, selama terhindar dari menyentuh dan membawa tulisan tersebut.” (Al-Ghurarul al-Bahiyah, Juz 1: 404)

Dari dalil di atas dapat disimpulkan bahwa hukum menulis Al-Qur’an bagi yang masih berhadas adalah boleh. Dengan catatan, ia tidak sampai menyentuh dan membawanya.

Lalu, bagaimana kalau kita menyentuh hiasan Al-Qur’an? Hukumnya tidak haram. sebab, tujuan penulisannya tidak untuk dibaca (dirasah).

Adapun dalilnya yaitu sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam kitab Raudhatuth Thalibin, bahwa:

Menurut pendapat sahih, tidak haram menyentuh dan membawa benda yang di atasnya tertulis sesuatu dari Al-Qur’an bukan dengan tujuan belajar. Seperti uang, pakaian, sorban, makanan, ukiran, kitab fikih, dan kitab usul fiqih.” (Raudhatuth Thalibin, Juz 1: 116)

Hukum Menulis Al-Qur’an Dalam Kondisi Hadas

Kesimpulannya, hukum menulis Al-Qur’an bagi orang yang memiliki hadas adalah boleh, asalkan tidak sampai membawa atau menyentuhnya. Sedangkan menyentuh hiasan Al-Qur’an adalah boleh sebab tujuan penulisannya bukan untuk dibaca.

Pertanyaan terakhir, apakah diwajibkan wudu apabila kita ingin menyentuh jimat yang di dalamnya terdapat tulisan Al-Qur’an?

Jawabannya adalah tidak harus. Sebab, jimat tersebut bukan mushaf, karena tujuan penulisannya tidak untuk dibaca pula.

Dalam kitab Al-Iqna’ dijelaskan, bahwa:

Tidak haram menyentuh dan membawa sesuatu dari Al-Qur’an yang ditulis bukan dengan tujuan belajar. Seperti jimat (kertas yang ditulisi Al-Qur’an dan dikalungkan untuk tabaruk atau lainnya), baju yang di atasnya tertulis ayat Al-Qur’an, dan uang dirham.(Al-Iqna’, juz 1: 97) 

Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel