Surat Al-Lahab: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Lahab: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Lahab sendiri artinya adalah “gejolak api”. Surat yang terdiri atas 5 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Al-Fath. Ia diberi nama Surat Al-Lahab karena merujuk pada lafaz al-lahab yang terdapat pada ayat ketiga.

Pokok Kandungan Surat Al-Lahab

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Lahab adalah cerita tentang Abu Lahab dan istrinya yang menentang Rasulullah Saw. sehingga keduanya celaka dan masuk neraka, serta menjelaskan harta yang dimilikinya dan segala usaha-usaha yang dilakukannya tidak akan dapat menolongnya.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Lahab

Adapun keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Lahab adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Lahab termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, tidak akan dikumpulkan bersama Abu Lahab, dan dapat dijadikan doa atau wasilah sakit perut dan perlindungan dalam tidur.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Lahab), maka Allah tidak akan mengumpulkan dirinya dan Abu Lahab, dan barangsiapa yang membacakannya atas orang yang sakit perut (mulas), maka akan sembuh dengan izin Allah dan barangsiapa yang membacanya ketika hendak tidur, maka Allah akan melindunginya.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 414)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Lahab. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’la

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel