Doa Ucapan Terima Kasih Arab, Latin, dan Artinya

Daftar Isi

Doa Ucapan Terima Kasih Arab, Latin, dan Artinya
Doa merupakan salah satu ibadah yang sifatnya mendalam, yang merupakan suatu permohonan atau permintaan seorang makhluk kepada Tuhannya. Ketika seseorang mendapatkan kenikmatan, ia dianjurkan untuk bersyukur. Bersyukur adalah doa sebagai wasilah ucapan terima kasih atas segala kenikmatan yang telah diterima.

Substansi dari kenikmatan tersebut mencakup arti luas, ada yang berupa kenikmatan batin, kenikmatan sehat jasmani, kenikmatan rezeki, bahkan kenikmatan yang diberikan oleh Allah melalui tindakan seseorang, seperti memberikan pertolongan, memberikan dukungan, atau memberikan manfaat apa saja.

Ketika seseorang mendapatkan manfaat dari orang lain atau mendapatkan perlakuan baik dari orang lain, maka dianjurkan baginya untuk membalasnya dengan timbal balik berupa suatu hal yang positif. Manfaat itu bisa berupa barang, jasa, dan hal-hal positif lainnya seperti doa misalnya.

Dari Usamah ibnu Zaid Ra., beliau menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:

“Barangsiapa yang mendapatkan suatu perlakuan baik, lalu ia membalasnya dengan ucapan, ‘Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan,’ berarti ia telah menyampaikan balasannya.” (HR. Tirmidzi dengan predikat hadis Hasan Sahih)

Ketika seseorang tidak mampu memberikan balasan berupa materi kepada orang yang telah berbuat baik kepadanya, maka mendoakannya adalah salah satu solusi terbaik. Artinya, mendoakannya sama saja memberikan balasan berupa nilai spiritual yang positif.

Hal ini sejalan sebagaimana hadis Sahih berikut ini:

“Barangsiapa yang mendapatkan perlakuan baik dari orang lain, maka belaslah dia. Dan jika kalian tidak menemukan apapun yang bisa kalian balaskan untuknya, maka berdoalah untuknya hingga kalian melihat bahwa kalian benar-benar telah membalasnya.” (Hadis Sahih dalam kitab Al-Azkar halaman 1027)

Doa ucapan terima kasih ketiak mendapatkan perlakuan baik dari orang lain

Berikut doanya:

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء

JAZA KUMULLAHU KHAIRAN KATSIR, WA JAZA KUMULLAHU AHSANAL JAZA

“Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah Membalas kalian dengan balasan yang paling baik.”

Ketika seseorang mendapatkan kebaikan dari orang lain lalu ia mendoakannya agar ia mendapatkan balasan yang baik pula dari Allah, bukanlah itu suatu kemuliaan tersendiri?

Setelah mengucapkan doa terima kasih, seseorang tetap dianjurkan untuk mendoakannya dalam hati tanpa sepengetahuan siapapun, termasuk kepada orang yang telah berbuat baik kepadanya. Hal ini sejalan dengan hadis berikut:

“Doa yang paling cepat diperkenankan adalah doa seseorang buat orang lain tanpa sepengetahuannya.” (HR. Abu Daud)

Sedangkan menurut versi Imam Tirmidzi:

“Tidak ada doa apapun yang lebih cepat diperkenankan kecuali doa seseorang kepada orang lain tanpa sepengetahuannya.” (HR. Tirmidzi)

Doa terima kasih arab dan latin lengkap:

Berikut doa terima kasih sesuai dengan pelakunya, atau sesuai dengan gramatika bahasa Arab yang berlaku:

Doa ketika mendapatkan perlakuan baik dari laki-laki tunggal (satu):

جَزَا كَ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

JAZA KALLAHU KHAIRAN KATSIR

Doa ketika mendapatkan perlakuan baik dari laki-laki banyak (lebih dari tiga):

جَزَا كُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

JAZA KUMULLAHU KHAIRAN KATSIR

Doa ketika mendapatkan perlakuan baik dari perempuan tunggal (satu):

جَزَا كِ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

JAZA KILLAHU KHAIRAN KATSIR

Doa ketika mendapatkan perlakuan baik dari perempuan banyak (lebih dari tiga):

جَزَا كُنَّ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

JAZA KUNNALLAHU KHAIRAN KATSIR

Doa ketika mendapatkan perlakuan baik dari laki-laki atau perempuan banyak:

جَزَا كُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

JAZA KUMULLAHU KHAIRAN KATSIR

Itulah cara berterima kasih menggunakan doa lengkap dengan tulisan arab dan latinnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat, Wallahu A’lam.

IKUTI BLOG