Konsep Menabung Qurban Lengkap Dengan Perhitungannya

Daftar Isi

Konsep Menabung Qurban Lengkap Dengan Perhitungannya
Pada kesempatan kali ini, kami hanya ingin membagikan satu logika dasar agar seseorang bisa berkurban tanpa harus terbebani dengan biaya yang begitu mahal. Sebenarnya cara ini sudah sangat lazim diterapkan oleh masyarakat muslim di Indonesia, namun kami hanya ingin mengulasnya kembali agar kebaikan ini dapat terserap oleh para pembaca yang budiman.

Bagi mereka yang kaya atau mampu, berkurban bukanlah sesuatu yang mewah, bukan sesuatu yang istimewa karena sifatnya ringan dan mudah untuk dilakukan. Berbeda kalau yang berkurban orang miskin, tentu ada keistimewaan tersendiri karena sifatnya berlawanan terhadap kemampuannya sendiri.

Itulah mengapa ada istilah sedekah Rp. 1.000 dari orang miskin jauh lebih utama dibandingkan sedekah Rp. 100.000 dari orang kaya. Artinya, ketika ada seseorang yang dirasa kurang mampu tetapi memiliki tekat dan usaha untuk berkurban, maka tindakan itu jauh lebih mulia dan istimewa dibandingkan dengan orang mampu yang berkurban.


Saat seseorang menginginkan berkurban tetapi tidak memiliki jumlah uang yang mencukupi, solusi paling baik dan dibenarkan dalam Islam adalah "menabung". Artinya, ia harus menyisihkan uang harian untuk disalurkan atau dialokasikan ke tabungan kurban.

Seperti yang kita tahu, kurban juga memiliki tingkatan-tingkatan keutamaan. Kurban yang paling utama adalah kurban unta, kemudian disusul sapi, kemudian disusul kambing. Kurban unta diperuntukkan untuk 7 (tujuh) orang, kurban sapi untuk 7 (tujuh) orang, dan kurban kambing hanya untuk 1 (satu) orang.

Sebelum mulai menabung, alangkah baiknya jika kita menargetkan dulu hewan apa yang akan kita kurbankan nanti. Sebab, beda jenis hewan akan beda pula harganya. Misal untuk unta saja (unta timur tengah) harganya bisa sampai 33 juta. Sedangkan untuk sapi hanya 14-18 juta saja. Hampir dua kali lipatnya. Meski di Indonesia unta bukanlah hewan kurban yang lazim, tetapi memang unta adalah hewan paling istimewa dan terbaik untuk dijadikan kurban.

Di dalam kitab Fathul al-Qarib dijelaskan:

“Satu unta atau satu sapi mencukupi untuk tujuh orang. Satu kambing mencukupi untuk satu orang. Ini lebih baik daripada bersepakat iuran berkurban dengan sapi untuk tujuh orang. Hewan paling utama untuk kurban adalah unta, kemudian sapi, kemudian kambing.” (Fathul al-Qarib: 312)


Atau mungkin kita mau mengawalinya dengan kurban kambing. Harga kambing sendiri relatif, ada yang 2,5 juta sampai 5 juta rupiah. Tetapi kurban kambing ini diperuntukkan untuk satu orang saja.

Masa Menabung Hewan Kurban

Adapun cara menabungnya adalah kita ambil jangka waktu 1 tahun, yaitu dari hari kurban tahun ini sampai hari kurban (Iduladha) tahun depan. Artinya, kita memiliki 12 bulan atau 365 hari untuk mempersiapkan alokasi dana kurban di setiap tahun berikutnya.

Perhitungan Menabung Hewan Kurban

Saat kita menentukan alokasi 3 juta untuk belanja hewan kurban, maka uang yang harus ditabung setiap harinya adalah Rp. 3.000.000/365 = 9.000 Rupiah (dibulatkan). Kalau targetnya adalah membeli kambing super atau kambing istimewa seperti kambing Palestina, Suriah, atau Yaman, maka uang yang harus ditabung setiap harinya adalah Rp. 5.000.000/365 = 14.000 Rupiah (dibulatkan).

Sedangkan untuk sapi kita ambil di harga 18 juta. Tetapi dibagi menjadi tujuh orang. Artinya, setiap satu orang hanya perlu membayar 2,6 juta saja. Jauh lebih ringan apabila sistemnya patungan. Adapun uang yang harus ditabung setiap harinya adalah Rp. 2.600.000/365 hari = 8.000 Rupiah (dibulatkan).

Kalau sapinya jenis super, seperti sapi Yaman, Suriah, atau Palestina yang harganya sampai 28 juta misalnya, maka setiap orang akan patungan 4 juta (setelah dibagi tujuh orang). Sedangkan uang yang harus ditabung adalah 4.000.000/365 hari =  11.000 Rupiah saja.

Sedangkan unta di harga 33.000.000. Dibagi untuk tujuh orang dan setiap orang akan dibebankan 4.8 juta. Artinya, uang yang harus ditabung setiap harinya adalah 4.800.000/365 hari = 13.500 (dibulatkan).

Kesimpulan

Berikut uang yang harus ditabung setiap hari selama satu tahun (365 hari) agar seseorang dapat membeli hewan kurban sesuai dengan kebutuhannya:

  1. Kurban kambing: Rp. 9.000/hari.
  2. Kurban kambing super: Rp. 14.000/hari.
  3. Kurban sapi: Rp. 8.000/ hari.
  4. Kurban sapi super: Rp. 11.000/hari.
  5. Kurban unta: 13.500/hari.

Jenis Tabungan

Untuk jenis tabungannya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bisa secara mandiri, bisa lewat koperasi, atau mungkin membuka rekening khusus kurban yang disediakan oleh bank-bank konvensional atau swasta.

Itulah sedikit tips dari kami mengenai tata cara menabung agar dapat membeli hewan kurban lengkap dengan perhitungannya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam