Download Terjemah Kitab Matan Jazariyah PDF (Tajwid)

Daftar Isi

Download Terjemah Kitab Matan Jazariyah PDF (Tajwid)
Abusyuja.com_Pada Kesempatan kali ini, kami akan membagikan link download terjemah kitab Matan Jazariyah versi PDF, salah satu kitab tajwid populer di kalangan pesantren. Kenapa ilmu tajwid itu sangat penting? Sebab, ilmu tajwid diperlukan untuk mengetahui kaidah-kaidah serta cara-cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Artinya, hukum mempelajari ilmu tajwid adalah wajib.

Ilmu tajwid wajib dipelajari karena untuk mencegah seseorang melakukan kesalahan saat membaca Al-Qur’an, baik dari segi susunan kalimat, susunan lafaz, susunan huruf, bahkan susunan harakatnya.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa ilmu tajwid adalah salah satu cabang ilmu Ulumul Qur’an yang mempelajari tentang tata cara melafalkan, mengucapkan, atau membunyikan berbagai huruf-huruf arab baik yang terdapat pada kitab suci Al-Qur’an maupun kitab-kitab bahasa arab lainnya.

Kitab Terjemah Matan Jazariyah ini adalah salah satu kitab yang berisikan uraian-urian ilmu tajwid yang ditulis dengan pola nazam, sehingga mudah untuk dipelajari dan dihafal. Kitab ini sangat cocok digunakan sebagai bahan ajar di pondok-pondok pesantren maupun sekolah-sekolah formal seperti Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah yang nantinya dimasukkan dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.

Sekilas Biografi Penulis

Matan Jazariyah dikarang oleh Syamsuddin Abul Khair Muhammad bin Muhamad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf Al-Jazary Ad-Dimasyqi Asy-Syafi'i, salah satu ulama masyhur yang produktif melahirkan karya-karya di bidang Qiratul-Qur’an.

Beliau lahir di Damaskus pada Jumat 26 November 1350 atau 25 Ramadhan 751 Hijriah. Ulama yang akrab dipanggil Al-Jazari ini lahir ketika orang tuanya sudah menginjak usia 40 tahun. Ayahnya yang seorang pedagang kala itu benar-benar tidak mau menyerah untuk memiliki seorang anak bahkan setelah 40 tahun menikah. Dan dalam sebuah riwayat beliau lahir ketika ayahnya berdoa selama melaksanakan ibadah haji.

Beliau menyelesaikan hafalan Al-Qur’an di usia 13 tahun, adapun karya-karya lainnya di antaranya yaitu:

  • Taḥbīr al-taysīr fī qirāʼāt al-ʻashr (تحبير التيسير في قراءات العشر)
  • Taqrīb al-Nashr fī al-qirāʼāt al-ʻashr (تقريب النشر في القراءات العشر)
  • Al-Tamhīd fī ʻilm al-tajwīd (التمهيد في علم التجويد)
  • Ṭayyibat al-nashr fī al-qirāʼāt al-ʻashr (طيبة النشر في القراءات العشر)
  • Munjid al-Muqriʼīn wa-murshid al-ṭālibīn (منجد المقرئين ومرشد الطالبين)
  • Ghāyat al-Nihāyah fī Ṭabaqāt al-Qurrāʻ (غاية النهاية في طبقات القرآء)

Download Terjemah Kitab Matan Jazariyah PDF (Tajwid)

Berikut link download terjemah kitab Matan Jazariah baik versi latin, arab, dan teks arab berwarna:

Kitab Matan Al-Jazariyah

Kitab Syarah Al-Jazariyah 

Di dalam kitab Al-Jazariyah terdapat beberapa pembahasan, di antaranya yaitu: Makharijul huruf, sifat-sifat huruf, tajwid, tafkhim dan tarqiq, hukum tanwin dan nun sukun, hukum mim dan nun tasydid, hukum mim sukun, hamzah washal, waqaf, mad dan qashr, maqthu’ dan mawashul, dan masih banyak lagi.

Itulah link download Terjemah Kitab Matan Jazariyah PDF. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam