Download Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah PDF

Daftar Isi

Download Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah PDF
Abusyuja.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu kitab paling masyhur di kalangan warga nahdiyin, yaitu kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah karya dari Kai Muhammad Hasyim Asy’ari. Kitab ini merupakan bentuk usaha intelektual dalam mempertahankan Islam Ahlussunnah wal Jamaah di Indonesia yang dilakukan oleh beliau Hadratussyekh Hasyim As’ari.

Sekilas tentang kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah

Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah terdiri dari 10 (sepuluh) pasal ditambah dengan satu lagi khotbah tentang kitab (mukadimah atau pendahuluan). Pada pasal pertama, kitab ini membahas mengenai pemahaman dasar kata "sunnah" dan "bid’ah". Kedua istilah tersebut dibahas dari segi tinjauan bahasa dan istilah.

Pada pasal kedua, kitab ini membahas tentang kondisi keagamaan yang berlaku di masyarakat Jawa sebelum dan sesudah tahun 1330 Hijriah. Pasal ketiga membahas mengenai garis perjuangan ulama-ulama salaf, makna yang terkandung dalam istilah sawab al-a’dzam, dan pentingnya berpegang teguh pada salah satu mazhab empat, yaitu Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Sedangkan pada pasal keempat, kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah ini menjelaskan mengenai kewajiban bermazhab (taklid) bagi orang yang tidak memiliki keahlian dalam melakukan ijtihad.

Pada pasal kelima, buku ini menjelaskan mengenai kelaziman-kelaziman untuk selalu waspada dalam belajar agama dan ilmu, serta kehati-hatian mengenai masalah fitnah dari ahli bid’ah, kaum munafik, serta para tokoh-tokoh agama yang menyesatkan atau pihak-pihak yang memberikan teladan yang buruk.

Pada pasal ke delapan, kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah ini membahas tentang terpecahnya umat Islam menjadi 37 (tiga puluh tujuh) golongan serta firqah-firqah sesat yang ada di dalamnya. Serta penegasan mengenai firqah Ahlussunnah wal Jamaah adalah satu-satunya firqah yang selamat.


Adapun pasal kesembilan membahas tentang tanda-tanda hari kiamat. Sedangkan pasal kesepuluh membahas tentang hadis-hadis yang relevan (berkaitan) dengan kondisi orang-orang mati yang dapat mendengar dan berbicara.

Dalam bagian akhir pasal, K. Hasyim Asy’ari memberikan pembelaan terhadap tradisi keberagamaan masyarakat tradisional yang sering kali dikritik oleh kaum modernisme dan puritan. Beliau memberikan penegasan mengenai keabsahan tradisi seperti penggunaan tasbih, melafalkan niat, tahlil, dab bersedekah untuk mayit, yang mana tidak ditemukan satu dalil pun yang melarang semuanya.

Akan tetapi, beliau juga membuat bandingan mengenai beberapa tradisi yang menurut beliau sudah termasuk dalam kategori menyimpang, seperti judi di pasar Malang dan permainan undi dengan bantengan.

Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah adalah salah satu kitab yang sangat cocok digunakan dalam memahami, membedakan, serta menilai mana yang ibadah dan mana yang tradisi, mana yang bid’ah dan mana yang sunnah.

Download Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah PDF

Sesuai judul di atas, berikut kami bagikan link download kitab Risalah Ahlissunnah wal Jamaah fi Hadits al-Mawta wa Asyrat al-Saa’ah wa Bayani Mafhumi al-Sunnah wal Bid’ah karya dari Kyai Hasyim Asy’ari:


Download kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah Bahasa Arab

Download kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah Bahasa Indonesia (Terjemah)

Itulah sekilas tentang kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam