Pengertian Sifat Qudrah (Berkuasa) Bagi Allah Swt.

Daftar Isi

Pengertian Sifat Qudrah (Berkuasa) Bagi Allah Swt.
Abusyuja.com – Sifat Qudrah merupakan salah satu sifat ketetapan keadaan Allah Swt., atau biasa disebut dengan sifat Tsubutiyah. Arti dari Sifat Qudrah sendiri adalah Maha Kuasa atau Berkuasa, artinya, Allah tidak lemah sedikitpun untuk melakukan sesuatu, serta tidak memiliki kekurangan apapun dalam menghendaki sesuatu.

Adapun Sifat Qudrah Allah dapat berlaku dalam keadaan apapun, yakni untuk mewujudkan semua yang mungkin atau melenyapkannya. Artinya, Allah dapat mewujudkan sesuatu yang tidak mungkin dan meniadakan sesuatu yang pasti ada.

Apa contohnya atau bukti konkret bahwa Allah memiliki Sifat Qudrah? Contohnya adalah sebagaimana hal ihwal yang terjadi di langit, bumi, malam, siang, hidup, mati, dan segala apa yang terjadi dalam setiap detik, semuanya dapat dijadikan bukti bahwa Allah memiliki kekuasaan atas seluruh alam semesta ini.

Allah Swt. berfirman:

Sesungguhnya Kami menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam hari dan Kami tidak merasakan kelelahan sedikitpun.” (QS. Qaf: 38)

Allah Swt. juga berfirman:

Dia adalah yang menghidupkan serta mematikan dan di bawah kekuasaan-Nya pula adanya pertukaran malam dan siang. Apakah kalian semua tidak menggunakan akalmu?(QS. Mu’minun: 80)

Di dalam ayat lain Allah Swt.  juga berfirman:

Tidaklah engkau mengetahui bahwa Allah menghalau awan kemudian dikumpulkan lalu menjadi satu tumpukan? Kemudian engkau dapat melihat hujan keluar dari sela-selanya?

“Allah juga menurunkan salju dari langit (yaitu) dari (gumpalan awan yang serupa) gunung, yang di dalamnya ada salju lalu diberikannya kepada siapa yang dikehendaki oleh-Nya dan dihindarkan dari siapa saja yang dikehendaki oleh-Nya”

Cahaya kilatan hampir saja  membutakan mata. Allah mempertukarkan malam dan siang . Sesungguhnya itu menjadi pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan.”

Dan Allah menciptakan segala jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan dengan perutnya dan sebagian dengan dua kaki dan sebagian lagi dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendakinya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(QS. Nur: 43-45)

Pembaca yang dirahmati Allah, dari beberapa dalil di atas dengan tegas menekankan pembenaran kekuasaan Allah yang tidak memiliki celah apapun. Artinya Allah memiliki kekuasaan Absolut terhadap alam semesta ini, termasuk segala sesuatu yang terjadi di dalamnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai sifat Qudrah Allah lengkap dengan dalil dalilnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahualam