Apa Itu Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah?

Daftar Isi

Apa Itu Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah?
Abusyuja.com – Apa arti sebenarnya dari Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah dalam kacamata Islam? Seperti yang lazim kita baca, Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah sering kali muncul  dalam kartu undangan pernikahan, bahkan kerap kali diucapkan dalam doa-doa walimah pernikahan.

Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah merupakan ketiga istilah yang diambil dari QS. Ar-Rum ayat 21. Berikut ayatnya:

Apa Itu Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah?

Mari kita lihat lebih dekat mengenai arti dari istilah Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah ini:

1. Sakinah

Sakinah secara sederhana dapat diartikan sebagai kedamaian, ketenangan, serta tidak ada kerusuhan. Sifat Sakinah ini biasanya ditanamkan di hati para Nabi Allah dan golongan orang-orang beriman agar mereka tabah dan tidak gentar dalam menghadapi rintangan apapun.

Sedangkan di dalam keluarga, Sakinah dapat diartikan sebagai keadaan yang tetap tenang meskipun sedang menghadapi banyak sekali rintangan dan ujian hidup.

2. Mawaddah

Menurut Abi Muhammad Quraish Shihab, kata ‘Mawaddah’ secara sederhana dapat diartikan sebagai ‘cinta’. Artinya orang yang memiliki cinta di hatinya akan lapang dadanya, penuh dengan pengharapan, dan jiwanya akan selalu berusaha untuk menjauhi keinginan negatif dan melakukan perbuatan buruk atau jahat. Ia akan senantiasa menjaga cintanya baik di kala senang maupun sedih.

3. Rahmah

Rahmah secara sederhana dapat diartikan sebagai ‘kasih sayang’. Artinya, keadaan jiwa yang senantiasa diselimuti kasih sayang. Rasa kasih sayang inilah yang mengakibatkan seseorang akan berusaha memberikan kebaikan, kekuatan, dan kebahagiaan terhadap orang yang disayanginya dengan cara-cara yang lembut dan penuh dengan kesabaran.

Ketiga unsur inilah yang menjadi bekal utama keluarga ideal dalam Islam. Di dalam Islam, keluarga ideal adalah keluarga yang memiliki cinta dan kasih sayang, serta mampu menjaga perdamaian ketika diusik dengan masalah.

Unsur cinta dan kasih sayang harus ada untuk saling melengkapi agar kedua pasangan dapat saling membahagiakan. Artinya kebahagiaan mungkin akan pincang apabila mereka hanya memiliki salah satunya saja.

Sebuah keluarga memerlukan perasaan cinta yang melahirkan keinginan untuk membahagiakan kedua belah pihak, baik istri maupun suami, baik dalam keadaan suka maupun duka.

Suami dan istri yang baik adalah mereka yang tidak memanfaatkan pasangannya untuk kesenangan pribadinya sendiri serta tidak memedulikan kebahagiaan pasangannya sendiri.

Kesimpulannya adalah Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah merupakan landasan batiniah atau dasar rohani agar terwujudnya keluarga yang damai secara lahir maupun batin.

Itulah penjelasan singkat mengenai arti dari Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam